Nyeri Punggung Bisa Sembuh Dengan Tidur di Lantai, Benarkah?

nyeri punggung tidur di lantai

Nyeri punggung merupakan salah satu keluhan yang paling umum terjadi. Penyebab umum nyeri punggung adalah postur tubuh yang buruk atau kurang bergerak. Kebiasaan ini akan memberikan tekanan besar pada tulang belakang, otot, dan sendi sehingga mengubah lekukan normal pada tulang belakang. Akibatnya, timbul rasa sakit dan nyeri pada daerah punggung.

Nah, tapi tahukah kamu jika ada mitos yang beredar bahwa salah satu cara meredakan nyeri punggung adalah dengan berbaring pada lantai? Namun, benarkah demikian?

Tidur di lantai bantu mengatasi nyeri punggung

Mengutip dari laman Women’s Health, seorang ahli fisioterapi dari Hospital for Special Surgery New York, Amerika Serikat, mengatakan bahwa rebahan di lantai bisa menjadi solusi jangka pendek untuk membantu meredakan nyeri punggung.

Nah, rebahan pada atas permukaan lantai yang rata dan keras diyakini bisa membantu memperbaiki kesesuaian tulang belakang.

Kendati demikian, cara ini mungkin dapat membawa efek berbeda pada setiap individu. Beberapa orang mungkin bisa merasa lebih nyaman dengan tidur di lantai. Sementara lainnya, tidur di atas kasur yang empuk lebih nyaman untuk meredakan rasa sakit mereka.

Cara terbaik untuk memutuskan mana permukaan tidur yang tepat untuk mengatasi nyeri punggung adalah dengan mencobanya sendiri dan tentunya melakukan konsultasi dengan dokter. Dengan begitu bisa mengetahui mana yang terbaik sebagai solusi keluhan.

Tips tidur di lantai

Berikut adalah beberapa cara saat ingin mencoba tidur di lantai untuk meredakan keluhan.

  • Pilih permukaan lantai yang datar.
  • Berbaring dengan kedua kaki lurus. Jika tidak bisa, letakkan bantal pada bagian bawah lutut.
  • Rentangkan kedua tangan ke samping dengan telapak tangan mengarah ke atas
  • Tutup mata dan fokus pada semua kontak tubuh ke lantai
  • Tarik dan hembuskan napas dalam, lambat-lambat.
  • Tahan selama lima hingga tujuh menit dalam posisi ini.
Baca Juga:  PELD Adalah Teknologi Terkini Atasi Saraf Terjepit Pinggang

Ternyata tidak bisa sembuh hanya dengan rebahan

Jika merasa kurang nyaman tidur di lantai, coblah tidur berbaring telentang di kasur dengan meletakkan bantal pada bagian belakang lutut untuk mencapai kesesuaian tulang belakang yang tepat. Atau jika lebih suka tidur menyamping baik kanan atau kiri, selipkan guling antara kedua lutut.

Saat tidur malam, sebaiknya jangan gunakan bantal kepala yang terlalu tinggi. Mengapa? karena dapat menyebabkan nyeri leher yang menjalar ke punggung. Selain itu, hindari posisi tidur tengkurap demi menghindari tekanan berlebih pada punggung.

Namun, lokasi dan posisi tidur bukan satu-satunya hal yang bisa memengaruhi tulang belakang. Kesehatan tulang belakang juga ditentukan oleh seberapa rutin seseorang berolahraga, seberapa baik makanan, dan bagaimana mengelola stres sehari-hari.

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer