Nyeri Leher Menjalar Tanda Saraf Kejepit?Waspada Gejalanya!

Nyeri Leher Menjalar - Lamina Pain and Spine Center

Apakah Anda mengalami nyeri leher yang menjalar hingga ke bahu dan terasa menyiksa? Gejala tersebut bisa mengindikasikan saraf kejepit leher yang tentu dapat membahayakan kesehatan Anda. Kondisi ini terjadi ketika saraf di bagian tulang belakang mengalami tekanan berlebihan oleh jaringan di sekitarnya. Misalnya, otot, tulang, tulang rawan, tendon, maupun ligamen. Saraf kejepit leher dapat mengganggu dan membatasi mobilitas serta kualitas hidup seseorang. Lantas, apa penyebab dan bagaimana cara mengobatinya? Simak penjelasan berikut.

Gejala Saraf Kejepit Leher

Gejala saraf kejepit leher dapat bervariasi tergantung pada saraf yang terlibat dan tingkat keparahan kompresi saraf. Beberapa gejala umum meliputi:

  • Nyeri Leher: Nyeri tajam, terbakar, atau rasa sakit di daerah leher adalah gejala utama saraf kejepit leher. Nyeri ini dapat menjalar ke bahu, lengan, atau bahkan jari-jari.
  • Kebas dan Kesemutan: Sensasi kebas atau kesemutan pada lengan, tangan, atau jari-jari juga sering terjadi akibat gangguan aliran saraf.
  • Kelemahan Otot: Saraf yang terjepit dapat menyebabkan otot-otot di lengan melemah sehingga sulit menggerakkannya.
  • Ketidaknyamanan: Orang yang mengalami saraf kejepit leher mungkin merasa tidak nyaman saat memutar atau memiringkan kepala.

Penyebabnya

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan saraf kejepit leher, termasuk:

  • Hernia Cakram: Hernia cakram adalah kondisi di mana bantalan yang berada di antara tulang belakang (cakram intervertebralis) keluar dari posisinya dan menekan saraf. Hal ini dapat terjadi karena penuaan atau cedera.
  • Stenosis Spinal: Stenosis spinal adalah penyempitan saluran di mana saraf keluar dari tulang belakang. Penyempitan ini bisa terjadi karena penuaan atau perubahan degeneratif pada tulang belakang.
  • Osteoarthritis: Osteoarthritis di leher dapat menyebabkan pembengkakan tulang dan jaringan di sekitar saraf, yang akhirnya menyebabkan saraf terjepit.
  • Cedera Leher: Cedera seperti leher terkilir atau cedera olahraga dapat menyebabkan perubahan dalam struktur leher yang menyebabkan saraf terjepit.
Baca Juga:  Terapi Laser PLDD Pada Masalah Saraf Kejepit Tulang Belakang

Pencegahan

Beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko saraf kejepit leher. Misalnya, menjaga postur yang baik saat duduk atau berdiri, melakukan peregangan leher yang tepat sebelum dan setelah aktivitas fisik, serta menjaga berat badan ideal.

Pengobatan Saraf Kejepit Leher

Pengobatan saraf kejepit leher tergantung pada tingkat keparahan gejala dan penyebabnya. Pada kasus yang belum parah, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan antiinflamasi non steroid (NSAID), terapi fisik, atau tindakan injeksi tulang belakang dengan steroid.

Namun, jika kondisi saraf kejepit sudah parah, dokter biasanya menyarankan teknik pengobatan lainnya. Salah satu terobosan terbaru dalam penanganan kondisi ini adalah dengan melakukan tindakan endoskopi CESSYS Joimax. 

Apa itu Endoskopi Cessys Joimax?

Endoskopi CESSYS Joimax adalah prosedur bedah minimal invasif yang digunakan untuk mendiagnosis dan mengobati masalah saraf kejepit. Metode ini melibatkan penggunaan alat endoskopi khusus yang disebut Cessys Joimax. Alat CESSYS memiliki kemampuan untuk membuat akses ke area yang terkena dampak saraf kejepit dengan presisi tinggi.

Prosedurnya dimulai dengan membuat sayatan kecil pada kulit di dekat area yang terkena dampak saraf kejepit. Kemudian, alat endoskopi akan dimasukkan melalui sayatan tersebut, dengan panduan kamera dan alat bedah kecil yang memungkinkan dokter untuk melihat dengan jelas area yang terkena dampak saraf kejepit. Dokter dapat melakukan perbaikan dan pengobatan tertentu, seperti menghilangkan/ membuang jaringan yang menyebabkan kompresi saraf atau melakukan pembersihan pada area yang meradang.

Manfaat Endoskopi Cessys Joimax

  • Bedah Minimal Invasif: Salah satu manfaat utama dari endoskopi Cessys Joimax adalah prosedur ini minim invasif, yang berarti sayatan kulit yang diperlukan lebih kecil dibandingkan dengan operasi terbuka konvensional. Ini mengurangi risiko infeksi, nyeri, dan waktu pemulihan pasien.
  • Presisi Tinggi: Dengan bantuan kamera dan teknologi endoskopi, dokter dapat melihat area yang terkena dampak dengan sangat jelas dan melakukan tindakan bedah dengan presisi tinggi.
  • Pemulihan Cepat: Karena sayatan kecil dan kerusakan jaringan yang lebih sedikit, pasien cenderung mengalami pemulihan yang lebih cepat dan kembali ke aktivitas normal lebih awal.
  • Pengurangan Risiko: Endoskopi Cessys Joimax mengurangi risiko komplikasi yang terkait dengan operasi terbuka, seperti perdarahan, infeksi, dan kerusakan jaringan lebih lanjut.
  • Hasil Lebih Baik: Dalam banyak kasus, pasien melaporkan perbaikan yang signifikan dalam gejala saraf kejepit setelah menjalani prosedur endoskopi Cessys Joimax.
Baca Juga:  Penyebab dan Gejala Bell's Palsy yang Harus Diwaspadai

Endoskopi Cessys Joimax merupakan inovasi yang menjanjikan dalam penanganan saraf kejepit. Dengan kemampuan untuk melakukan prosedur bedah dengan presisi tinggi dan melalui sayatan kecil, endoskopi ini membawa manfaat besar bagi pasien dalam hal pemulihan yang cepat dan pengurangan risiko komplikasi. Namun, seperti halnya dengan semua prosedur medis, sangat penting bagi pasien untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah saraf. Hal ini bertujuan untuk menentukan apakah endoskopi Cessys Joimax adalah pilihan yang tepat untuk mengatasi nyeri akibat saraf kejepit yang dialami.

Baca juga: Nyeri Leher Biasa vs Nyeri Leher Saraf Kejepit, Apa Bedanya?

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Gejala Saraf Kejepit Leher?

Beberapa gejala umumnya meliputi: 1. Nyeri leher 2. Kebas dan kesemutan 3. Kelemahan otot 4. Ketidaknyamanan

Apa itu Endoskopi CESSYS Joimax?

Endoskopi CESSYS Joimax adalah prosedur bedah minimal invasif yang digunakan untuk mendiagnosis dan mengobati masalah saraf kejepit. Metode ini melibatkan penggunaan alat endoskopi khusus yang disebut Cessys Joimax. Alat CESSYS memiliki kemampuan untuk membuat akses ke area yang terkena dampak saraf kejepit dengan presisi tinggi.

Apa Manfaat Endoskopi Cessys Joimax?

Beberapa manfaat diantaranya: 1. Prosedurnya minim invasif 2. Presisi tinggi 3. Pemulihan cepat 4. Pengurangan risiko komplikasi 5. Hasil yang lebih baik

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer