Bagaimana Cara Mengontrol Gula Darah? Ini Kata Dokter

Cara Mengontrol Gula Darah - Lamina Pain and Spine Center

Gula darah yang tidak terkendali dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius, termasuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan masalah ginjal. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara mengontrol gula darah dengan baik demi menjaga kesehatan tubuh. 

Cara Mengontrol Gula Darah

Menurut dr. Melsa Aprima, Sp.PD, ada beberapa langkah penting yang dapat Anda ikuti untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, yaitu:

1. Mengatur Pola Makan

Pilihan makanan memainkan peran penting dalam mengontrol gula darah. Konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah, seperti sayur-sayuran, biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak. Hindari makanan yang kaya akan gula olahan, tepung putih, dan lemak jenuh. Pilihlah makanan berserat tinggi, karena serat membantu memperlambat penyerapan gula oleh tubuh.

2. Ukuran Porsi yang Tepat 

Mengatur ukuran porsi makanan adalah kunci. Mengonsumsi makanan dalam porsi yang sesuai membantu menghindari lonjakan gula darah yang tiba-tiba. Gunakan piring kecil atau mangkuk kecil sebagai pengingat agar tidak makan terlalu banyak.

3. Rutin Berolahraga 

Rutin Berolahraga - Lamina Pain and Spine Center

Olahraga secara teratur dapat membantu tubuh lebih sensitif terhadap insulin. Pilih aktivitas fisik yang Anda nikmati, seperti berjalan, berlari, berenang, atau yoga. Lakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik per minggu.

4. Pantau Konsumsi Karbohidrat 

Karbohidrat memiliki dampak langsung pada gula darah Anda. Pelajari jenis karbohidrat yang berbeda dan bagaimana pengaruhnya terhadap tubuh. Pilih karbohidrat kompleks seperti roti gandum utuh, beras merah, dan kacang-kacangan, daripada karbohidrat sederhana seperti permen dan kue.

Baca Juga:  Obat Pelemas Otot Untuk Syaraf Terjepit di Tulang Belakang

5. Perhatikan Asupan Gula 

Hindari minuman manis dan makanan yang mengandung tambahan gula. Baca label dengan cermat dan pilih produk yang rendah gula atau bebas gula. Pilih sumber gula alami, seperti buah-buahan segar, jika Anda ingin mengonsumsi gula dalam makanan Anda.

6. Istirahat yang Cukup 

Kurang tidur dapat mempengaruhi kadar gula darah dan resistensi insulin. Usahakan tidur selama 7-9 jam setiap malam untuk mendukung kesehatan yang baik.

7. Pantau Gula Darah secara Teratur 

Mengukur kadarnya secara teratur membantu Anda memahami bagaimana pola makan dan gaya hidup Anda memengaruhi kesehatan. Diskusikan hasil pengukuran dengan tenaga medis Anda untuk membuat perubahan yang tepat.

8. Kelola Stres 

Stres dapat memengaruhi kadar gula darah Anda. Cari cara untuk mengelola stres, seperti meditasi, olahraga, mendengarkan musik, atau berbicara dengan orang terdekat.

Konsultasi dengan Dokter

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi. Mereka dapat memberikan panduan khusus berdasarkan kondisi kesehatan Anda dan membantu Anda merencanakan pola makan yang sesuai.

Mengontrol gula darah adalah komitmen jangka panjang terhadap kesehatan yang lebih baik. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan mengadopsi gaya hidup sehat, Anda dapat meminimalkan risiko masalah kesehatan yang terkait dengan gula darah tinggi. Ingatlah bahwa setiap langkah kecil yang Anda ambil dapat membuat perbedaan besar dalam kesehatan Anda secara keseluruhan.

Baca juga: Penanganan Saraf Kejepit Pada Penderita Diabetes Melitus

Frequently Asked Questions (FAQ)

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h2″ question-0=”Apa Akibat Gula Darah Tidak Terkontrol?” answer-0=”Gula darah yang tidak terkendali dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius, termasuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan masalah ginjal. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara mengontrol gula darah dengan baik demi menjaga kesehatan tubuh. ” image-0=”” headline-1=”h2″ question-1=”Bagaimana Cara Kontrol Gula Darah?” answer-1=”Lakukan beberapa hal ini untuk mengontrol gula dalam darah: 1. Mengatur pola makan 2. Ukuran porsi yang tepat 3. Rutin olahraga 4. Istirahat yang cukup 7. Pantau gula farah secara teratur 8. Kelola stress” image-1=”” headline-2=”h2″ question-2=”Bagaimana Cara Memantau Konsumsi Karbohidrat?” answer-2=”Karbohidrat memiliki dampak langsung pada gula darah Anda. Pelajari jenis karbohidrat yang berbeda dan bagaimana pengaruhnya terhadap tubuh. Pilih karbohidrat kompleks seperti roti gandum utuh, beras merah, dan kacang-kacangan, daripada karbohidrat sederhana seperti permen dan kue.” image-2=”” count=”3″ html=”true” css_class=””]

Baca Juga:  Keunggulan Endoskopi Joimax dalam Penanganan Saraf Kejepit
Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer