Logo Lamina

Berapa Lama Masa Pemulihan Pasca Tindakan Kyphoplasty?

Masa Pemulihan Pasca Tindakan Kyphoplasty - Lamina Pain and Spine Center

Pemulihan pasca tindakan kyphoplasty biasanya membutuhkan waktu yang relatif singkat. Namun, hal ini juga tergantung dari kondisi pasien dan tingkat keparahan fraktur atau patah tulang. Kyphoplasty adalah prosedur medis yang bertujuan untuk memperbaiki fraktur kompresi tulang belakang akibat osteoporosis atau kondisi lainnya. Prosedur ini terbukti lebih aman karena merupakan tindakan minimal invasif yang lebih minim risiko. 

Setelah tindakan, sangat penting untuk memahami bagaimana proses pemulihannya guna memastikan hasil yang lebih optimal. Namun, sebelum membahasnya lebih lanjut, simak terlebih dulu uraian singkat tentang kyphoplasty berikut ini.

Apa Itu Kyphoplasty?

Kyphoplasty adalah teknik bedah minimal invasif yang digunakan untuk mengobati patah tulang di area tulang belakang. Umumnya, patah tulang atau fraktur ini rentan terjadi pada orang yang menderita osteoporosis. Selama prosedur kyphoplasty, balon kecil dimasukkan ke dalam tulang yang patah dan kemudian dikembangkan untuk menciptakan ruang. Setelah itu, ruang yang terbentuk diisi dengan semen tulang khusus untuk menstabilkan tulang dan mengurangi rasa sakit.

Proses Pemulihan 

Tahap Awal Pasca Tindakan 

Pada tahap ini, Anda biasanya masih berada di klinik maupun rumah sakit untuk diobservasi atau pengawasan medis. Dokter akan menyesuaikan perawatan pasca tindakan dengan kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama tahap awal ini adalah:

  • Rasa Nyeri: Rasa nyeri mungkin masih dirasakan, namun biasanya berkurang secara signifikan dibandingkan sebelum prosedur.
  • Mobilisasi: Tenaga medis akan mengarahkan anda untuk mulai bergerak perlahan. Tujuannya yaitu untuk mencegah pembekuan darah dan memulai proses penyembuhan.
  • Pengawasan Medis: Dokter akan memantau kondisi pasien untuk memastikan tidak ada komplikasi seperti infeksi atau reaksi terhadap bahan semen yang digunakan.
Baca Juga:  Solusi Terbaik! Layanan Telekonsultasi untuk Saraf Kejepit Hanya di Klinik Lamina

Masa Pemulihan Tahap Kedua

Setelah hasil observasi dan tidak ada keluhan, pasien biasanya diperbolehkan pulang. Pemulihan di rumah memerlukan perhatian pada beberapa aspek penting:

  • Aktivitas Fisik: Mulailah melakukan aktivitas ringan dan menghindari mengangkat beban berat. Berjalan kaki ringan bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mempercepat penyembuhan.
  • Fisioterapi: Dokter mungkin akan menyarankan untuk menjalani fisioterapi guna memperkuat otot-otot punggung dan mencegah kekakuan.
  • Perawatan Luka: Merawat area bekas sayatan dengan baik untuk mencegah infeksi adalah hal yang krusial.

Tahap Pemulihan Lanjutan 

Pada tahap ini, Anda diharapkan sudah dapat melakukan banyak aktivitas sehari-hari dengan lebih bebas, namun tetap harus memperhatikan beberapa hal:

  • Latihan dan Rehabilitasi: Latihan yang lebih intensif mungkin dimulai di bawah pengawasan fisioterapis untuk memastikan pemulihan fungsi tulang belakang yang optimal.
  • Evaluasi Medis: Kunjungan rutin ke dokter untuk mengevaluasi kemajuan pemulihan dan memastikan tidak ada masalah yang muncul pasca operasi.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Proses Pemulihan

Beberapa faktor yang mempengaruhi lama pemulihan pasca kyphoplasty antara lain:

  • Usia: Pasien yang lebih tua mungkin memerlukan waktu pemulihan yang lebih lama dibandingkan dengan yang lebih muda.
  • Kondisi Kesehatan Umum: Pasien dengan kondisi kesehatan yang baik biasanya pulih lebih cepat.
  • Kepatuhan terhadap Instruksi Medis: Mengikuti semua instruksi medis dan program rehabilitasi dengan disiplin sangat penting untuk pemulihan yang optimal.

Masa pemulihan pasca tindakan kyphoplasty bervariasi untuk setiap individu, tetapi secara umum, proses ini bisa memakan waktu hingga beberapa minggu. Kunci dari pemulihan yang sukses adalah perhatian terhadap instruksi medis, melakukan rehabilitasi dengan benar, dan menjaga kondisi kesehatan secara keseluruhan. Dengan demikian, pasien dapat kembali ke aktivitas normal dan menikmati kualitas hidup yang lebih baik.

Baca Juga:  Terbang Jauh dari Australia, Ini Pengalaman Pak Hendro Sembuh dari Saraf Kejepit

Bila Anda memiliki keluhan nyeri akibat fraktur tulang belakang, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis kami di Klinik Lamina. Dokter akan memberikan diagnosis dan penanganan patah tulang yang tepat untuk kesembuhan yang optimal. 

Lamina juga menyediakan layanan telekonsultasi yang dapat memudahkan Anda yang tinggal jauh dan terkendala jarak. Anda bisa chat tim kami melalui nomor Whatsapp 0811-1443-599

***

Referensi Penulisan:

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Itu Kyphoplasty?

Kyphoplasty adalah teknik bedah minimal invasif yang digunakan untuk mengobati patah tulang di area tulang belakang. Umumnya, patah tulang atau fraktur ini rentan terjadi pada orang yang menderita osteoporosis.

Ada Berapa Tahap Dalam Proses Pemulihan Kypholasty?

Terdapat 3 tahap dalam proses pemulihan kyphoplasty, yaitu: tahap awal pasca tindakan, masa pemulihan tahap kedua dan tahap pemulihan lanjutan

Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Proses Pemulihan?

Usia, kondisi kesehatan secara umum dan juga kepatuhan terhadap instruksi medis sangat mempengaru proses serta lamanya pemulihan pasca kyphoplasty

***

Feature photo by freepik from Freepik

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer