Logo Lamina

Ini 4 Jenis Obat Saraf Kejepit Alami yang Ampuh Redakan Nyeri

obat saraf kejepit alami ampuh

Benarkah saraf kejepit identik dengan operasi besar? Faktanya, ada beberapa jenis obat saraf kejepit alami yang ampuh untuk redakan nyeri yang Anda alami. Saraf kejepit adalah kondisi yang terjadi akibat cakram atau bantalan lembut pada tulang belakang terdorong dan menyembul keluar, sehingga menekan saraf di sekitarnya. Jika saraf mendapatkan tekanan berlebih, maka Anda mungkin akan merasakan kebas, kesemutan, nyeri menjalar, hingga kelemahan otot. Bahkan, pada kasus yang lebih parah dan jarang terjadi, saraf kejepit bisa menyebabkan kelumpuhan.

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan saraf kejepit, antara lain karena cedera/ trauma, postur tubuh yang salah, arthritis (radang sendi), kelainan pada tulang belakang, ataupun obesitas.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Adakah obat saraf kejepit alami yang memang ampuh untuk mengurangi rasa nyerinya?

Obat Alami Saraf Kejepit

Saraf kejepit sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya seiring waktu. Jika gejalanya masih tergolong ringan, Anda bisa mencoba obat-obatan berbahan alami berikut ini:

Daun alpukat

Daun alpukat selama ini dikenal sebagai obat untuk mengatasi penyakit batu ginjal. Namun, ternyata daun ini juga berkhasiat untuk mengobati flu, sakit perut, radang sendi dan saraf kejepit. Jika Anda mengalami saraf kejepit di punggung, leher, ataupun pinggang, Anda bisa coba untuk merebusnya, saring, dan kemudian minum ramuannya satu gelas setiap harinya. Sebagai sumber serat dan antioksidan, daun alpukat sangat baik untuk kesehatan dan bersifat anti-inflamasi.

Daun Sirsak

Daun sirsak memiliki kandungan zat yang mampu mengurangi peradangan dan berguna untuk mengurangi rasa nyeri, seperti saraf kejepit. Cobalah untuk meraciknya dengan merebus beberapa lembar daun sirsak yang sudah dibersikhan dan minum ramuannya pada pagi dan sore hari.

Baca Juga:  Mengenal Bagian dan Fungsi Sistem Saraf Pada Manusia

Daun Pandan

Selain terkenal sebagai pengharum makanan tradisional, daun pandan juga mengandung senyawa aktif yang mampu meredakan gejala nyeri sendi dan saraf kejepit. Anda bisa merebus daun pandan selama kurang lebih 15 menit dan minum rebusannya saat pagi dan sore.

Kencur

Obat alami lain untuk mengatasi nyeri saraf kejepit adalah kencur. Kencur memiliki efek anti nyeri dan anti radang, sehingga bisa mengurangi rasa sakit pada tubuh. Mulailah dengan mengonsumsi kencur sebagai jamu atau suplemen. Tapi, Anda juga harus ingat bahwa konsumsi kencur yang berlebihan tentunya bisa berdampak pada kesehatan.

Berbagai obat rumahan tadi bisa dibuat di rumah untuk mengatasi nyeri akibat saraf kejepit. Anda juga bisa menggunakan kompres hangat pada bagian yang nyeri, beristirahat dan hindari aktivitas berat, serta minum obat pereda nyeri.

Apabila nyeri saraf kejepit bertambah parah, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah saraf di Lamina Pain and Spine Center untuk mendapatkan pengobatan lanjutan. Di Lamina, kami menggunakan metode terbaik yaitu endoskopi Joimax untuk menuntaskan masalah saraf kejepit Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Jangan tunda nyeri bertambah parah dan hubungi Assistant Center Lamina untuk informasi lebih lanjut.

Semoga bermanfaat!

Baca juga: Inilah Mitos dan Fakta Obat Saraf Kejepit yang Ampuh Redakan Nyeri

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer