Hati-hati, Ini Efek Saraf Kejepit Leher Jika Diabaikan!

efek saraf kejepit leher

Apakah Anda menderita saraf kejepit leher, namun mengabaikannya? Sebaiknya waspada ya, sebab efek saraf kejepit leher yang tidak tertangani dapat menyebabkan kelemahan otot dan sendi di sekitar leher. Bahkan, rasa nyerinya bukan hanya terasa di leher saja tapi bisa menyebar hingga ke bahu, lengan ataupun pergelangan tangan. Lantas, mengapa kondisi ini bisa terjadi? Simak penjelasan lengkapnya di sini. 

Saraf Kejepit Leher

Bagi Anda yang sering menunduk dalam waktu lama saat duduk bekerja di depan laptop atau bermain smartphone kerap merasakan nyeri dan kaku di bagian leher. Posisi yang tidak tepat ini lama kelamaan akan menekan saraf tulang belakang dan menyebabkan saraf kejepit. 

Saraf kejepit leher adalah keluhan yang umum terjadi. Kondisi ini disebabkan karena tekanan besar pada saraf leher oleh jaringan di sekitarnya, seperti otot, tulang, tulang rawan, atau tendon. Penyebabnya pun terkadang dari kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari yang sering tidak kita sadari bahayanya. 

Ketika mengalami saraf kejepit leher, Anda mungkin akan merasakan nyeri pada leher yang menjalar ke bahu dan lengan. Gejala lainnya bisa berupa rasa kebas, kesemutan, sensasi terbakar atau tertusuk dan kelemahan pada otot di salah satu lengan. 

Efek saraf kejepit leher yang diabaikan ternyata juga bisa menyebabkan kerusakan saraf permanen hingga kelumpuhan. Tentu kondisi ini sangat membahayakan sehingga Anda sebaiknya melakukan penanganan secepatnya.

Baca juga: Waspada, Kenali Gejala Saraf Kejepit Leher yang Bisa Picu Kelumpuhan!

Kebiasaan yang Bisa Memicu Saraf Kejepit Leher

Berbagai kebiasaan sehari-hari ternyata bisa menjadi pemicu saraf kejepit leher. Maka dari itu, sebaiknya hindari hal-hal berikut ini untuk  mencegah saraf kejepit leher: 

Baca Juga:  Pantangan Syaraf Kejepit, Ini 10 Aktivitas Yang Harus Dihindari

  • Posisi leher yang terlalu menunduk saat menggunakan smartphone
  • Posisi duduk membungkuk atau posisi tubuh yang salah saat mengangkat benda berat dengan tumpuan di leher
  • Gerakan olahraga yang berlebihan tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu
  • Posisi tidur tengkurap yang membuat leher menopang beban dari kepala Anda
  • Pola makan tidak sehat sehingga menyebabkan obesitas

Penanganan oleh Dokter Spesialis Bedah Saraf di Lamina

Apabila mengalami rasa nyeri tak tertahankan, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan sejumlah pemeriksaan, mendiagnosa dan mengobati pasien dengan keluhan saraf kejepit leher.

Metode terkini untuk saraf kejepit leher yaitu dengan menggunakan endoskopi CESSYS Joimax. Endoskopi berteknologi tinggi dan inovatif ini merupakan prosedur minimal invasif tanpa operasi. CESSYS atau Cervical Endoscopic Spine Surgery bekerja dengan cara memasukkan alat endoskopi melalui sayatan kecil yang memungkinkan akses ke lapang bedah dan visualisasi langsung pada area akar saraf. Prosedur ini dilakukan dengan sangat aman untuk mengambil atau membuang bantalan tulang yang menekan saraf. 

CESSYS menggunakan pendekatan anterolateral melalui rongga diskus menuju saraf yang terjepit. Teknik ini dilakukan dengan anestesi lokal maupun Monitored Anesthesia Care (MAC) yang biasanya dilakukan di ruang operasi rumah sakit. 

Keunggulan CESSYS Joimax

Ada beberapa keunggulan dari CESSYS yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih metode pengobatan, antara lain: 

  • Tanpa operasi bedah terbuka
  • Merupakan tindakan minimal invasif
  • Tidak merusak banyak jaringan di sekitarnya
  • Luka sayatan kecil 
  • Tidak diperlukan manipulasi tulang belakang 
  • Risiko perdarahan dan komplikasi minimal
  • Masa penyembuhan lebih cepat
  • Tanpa rawat inap

Dengan berbagai keunggulan tersebut, Anda tak perlu khawatir akan risiko yang terjadi setelah melakukan endoskopi CESSYS. Prosedurnya pun akan dilakukan oleh dokter spesialis bedah saraf yang handal dan profesional. 

Baca Juga:  Susu Kolostrum untuk Saraf Kejepit, Mitos atau Fakta?

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi Assistance  Center Lamina di  nomor 021-7919-6999 atau chat kami via whatsapp ke 0811-1443-599. 

Jika ingin berkonsultasi langsung dengan dokter kami, Anda bisa datang ke Klinik Lamina di Mampang, Cibubur, Pulomas, dan Kuningan. Bagi Anda yang tidak bisa ke Klinik karena terkendala jarak, Lamina memiliki layanan telekonsultasi dengan dokter untuk memudahkan Anda berkonsultasi. 

Semoga bermanfaat!

Jangan lupa tonton juga video berikut tentang penanganan saraf kejepit leher dengan endoskopi Joimax: 

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer