Kenali Ciri-Ciri Penyakit Jantung yang Harus Diwaspadai

Ciri Penyakit Jantung - Lamina Pain and Spine Center

Penyakit jantung adalah salah satu masalah kesehatan yang serius dan memengaruhi jantung serta pembuluh darah di sekitarnya. Pemicunya pun beragam, seperti pola makan tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, merokok, hipertensi, obesitas, ataupun riwayat keluarga. Untuk mencegah risiko komplikasi lainnya, kenali berbagai ciri penyakit jantung berikut ini.

Ciri-ciri Penyakit Jantung

Ciri Penyakit Jantung - Lamina Pain and Spine Center

Ciri atau gejala penyakit jantung mungkin bervariasi pada setiap orang. Namun, Anda sebaiknya mewaspadai beberapa gejala umum yang sering muncul seperti berikut ini:

  • Nyeri Dada (Angina): Salah satu tanda utama penyakit jantung adalah nyeri dada yang bisa terasa seperti tekanan, berat, atau nyeri tajam di bagian dada. Ini biasanya disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke otot jantung.
  • Sesak Napas: Kesulitan bernapas atau sesak napas yang tidak normal bisa menjadi indikasi adanya masalah jantung. Ini bisa terjadi saat beraktivitas fisik atau bahkan saat istirahat.
  • Denyut Jantung Tidak Teratur: Jika Anda merasa jantung Anda berdetak terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak beraturan, ini bisa menjadi tanda adanya masalah jantung.
  • Kelelahan yang Berlebihan: Penyakit jantung dapat menyebabkan kelelahan yang tidak wajar, terutama setelah aktivitas ringan.
  • Pembengkakan Kaki atau Perut: Penumpukan cairan dalam tubuh, disebut edema, bisa menjadi gejala penyakit jantung. Ini bisa menyebabkan pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, atau perut.
  • Nausea dan Muntah: Kadang-kadang, gejala seperti mual dan muntah dapat terjadi, terutama pada wanita.

Cara Mengobati Penyakit Jantung

Penanganan untuk penyakit jantung juga berbeda tergantung dari tingkat keparahan dan kondisi kesehatan Anda. Berikut adalah cara yang biasanya dokter sarankan untuk mengatasinya:

  • Perubahan Gaya Hidup: Salah satu langkah pertama dalam mengobati penyakit jantung adalah melakukan perubahan gaya hidup yang sehat. Ini termasuk berhenti merokok, mengurangi konsumsi alkohol, menerapkan pola makan seimbang dengan sedikit garam, dan berolahraga secara teratur.
  • Obat-Obatan: Dokter dapat meresepkan berbagai jenis obat untuk mengobati penyakit jantung, termasuk obat penurun tekanan darah, obat pengatur detak jantung, dan obat untuk mengontrol kadar kolesterol.
  • Prosedur Medis: Beberapa kondisi jantung memerlukan tindakan medis, seperti kateterisasi jantung, pemasangan stent, atau operasi bypass jantung. Ini adalah langkah-langkah serius yang biasanya diambil jika penyakit jantung sudah dalam tahap lanjut.
  • Pemantauan Rutin: Penting untuk menjalani pemeriksaan medis secara rutin dan mengikuti rekomendasi dokter. Ini akan membantu dalam mendeteksi dan mengelola penyakit jantung dengan lebih efektif.
  • Diet dan Olahraga: Mengadopsi pola makan sehat dan rutin berolahraga adalah langkah penting dalam mengobati penyakit jantung. Diet rendah lemak, tinggi serat, dan kaya akan buah-buahan serta sayuran akan membantu mengontrol kadar kolesterol dan tekanan darah.
  • Manajemen Stres: Stres berlebihan dapat berkontribusi pada penyakit jantung. Menggunakan teknik relaksasi, seperti meditasi, yoga, atau terapi kognitif, dapat membantu mengelola stres.
Baca Juga:  Saraf Kejepit Di Pinggang Belakang, Tuntas Dengan Laser PLDD

Penyakit jantung adalah masalah serius yang dapat mempengaruhi kualitas hidup Anda dan bahkan mengancam jiwa. Mengenali ciri-cirinya dan segera mencari perawatan medis adalah langkah penting dalam mengatasi penyakit jantung.

Apabila mengalami gejala penyakit jantung, berkonsultasilah dengan dr. Melsa Aprima, Sp.PD untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Silakan hubungi tim Assistance Center Lamina di nomor 021-7919-6999 atau chat via whatsapp di 0811-1443-599. 

Baca juga: Rekomendasi Dokter Spesialis Tulang Belakang Terbaik di Jakarta

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Itu Penyakit Jantung?

Penyakit jantung adalah salah satu masalah kesehatan yang serius dan memengaruhi jantung serta pembuluh darah di sekitarnya. Pemicunya pun beragam, seperti pola makan tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, merokok, hipertensi, obesitas, ataupun riwayat keluarga.

Bagaimana Gejala Penyakit Jantung?

Berikut beberapa gejala yang sering muncul: 1. Nyeri dada 2. Sesak nafas 3. Denyut jantung tidak teratur 4. Kelelahan yang berlebihan 5. Pembengkakan kaki atau perut 6. Nausea dan muntah

Bagaimana Penanganan Penyakit Jantung?

Berikut cara yang biasanya disarankan oleh dokter: 1. Perubahan gaya hidup 2. Obat-obatan 3. Prosedur medis 4. Pemantauan rutin 5. Diet dan olahraga 6. Manajemen stres

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer