Logo Lamina

Waspadai Ragam Penyebab Cedera Saraf Tulang Belakang

cedera-saraf-tulang-belakang

Cedera saraf tulang belakang atau spinal cord injury (SCI) merupakan kerusakan pada sumsum tulang belakang atau saraf yang berada pada bagian tulang belakang.

Saraf tulang belakang berfungsi sebagai menyampaikan pesan antara otak dan seluruh bagian tubuh. Karena fungsinya jika alami cedera saraf tulang belakang, maka dapat mengakibatkan gangguan saraf dan fungsi organ.

Melansir dari laman WHO, setiap tahun di seluruh dunia antara 250.000-500.000 orang menderita cedera tulang belakang (SCI). Orang dengan cedera tulang belakang, dua sampai lima kali lebih mungkin meninggal sebelum waktunya. Kondisi ini, dibandingkan orang tanpa cedera tulang dengan tingkat kelangsungan hidup yang lebih buruk di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Baca Juga: Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Saraf Tulang Belakang

Penyebab Terjadinya Cedera saraf Tulang Belakang

Penyebab dari SCI bisa karena  cedera langsung, misalnya trauma akibat kecelakaan, peristiwa kekerasan yang dapat merusak struktur tulang belakang. Sementara akibat   cedera tidak langsung, yaitu adanya penyakit pada tulang, jaringan, atau pembuluh darah sekitar saraf tulang belakang.

Berikut adalah beberapa cotoh kecelakaan atau kekerasan yang bisa menjadi penyebab cedera saraf tulang belakang antara lain:

  • Jatuh dari ketinggian
  • Kecelakaan kendaraan bermotor atau mobil yang menyebabkan benturan pada wajah, leher, punggung, atau dada
  • Cedera kepala atau tulang belakang ketika olahraga
  • Luka tusuk atau tembak yang mengenai tulang belakang
  • Memutar tubuh bagian tengah terlalu kuat
  • Tersengat listrik

Gejala yang Mungkin Terjadi

  • Mati rasa atau kesemutan
  • Kesulitan mengontrol buang air besar atau kencing
  • Sulit berjalan
  • Kesulitan bernapas karena lemahnya otot perut, diafragma, dan interkostal (tulang rusuk)
  • Hilangnya kemampuan menggerakkan kaki atau lengan (lumpuh)
  • Sakit kepala
  • Pingsan
  • Nyeri, kekakuan, atau tekanan leher, punggung, dan anggota gerak tubuh
Baca Juga:  Pantangan Makanan Saraf Terjepit: Leher, Pinggang, dan Punggung

Gejala yang muncul bergantung pada lokasi saraf tulang belakang mana yang terkena.

Dampak yang Terjadi Pada Tubuh

Spinal cord injury merupakan salah satu jenis cedera fisik yang sangat serius dan dampaknya bersifat jangka panjang. Misalnya saja, informasi dari otak ke seluruh bagian tubuh atau sebaliknya akan alami gangguan. Hal ini kemudia bisa menyebabkan penurunan kemampuan tubuh dalam bergerak (motorik) dan merasa (sensorik), baik sebagian maupun seluruh anggota tubuh.

Dampak dari SCI ini bergantung pada tingkat kerusakan yang terjadi. Jika bersifat ringan, mungkin gangguan saraf sensorik dan motorik belum terjadi. Namun jika bersifat berat, dapat menyebabkankerusakan saraf yang membuat kelemahan, mati rasa, hingga kelumpuhan pada bagian tubuh tertentu.

Sebagai contoh, bila cedera mengenai bagian atas leher, pasien bisa mengalami susah untuk bernapas karena memengaruhi otot-otot pernapasan.

Penanganan Cedera Saraf Tulang Belakang

Segera dapatkan pertolongan medis dan dapatkan perawatan secepat mungkin dari dokter spesialis saraf. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko komplikasi jangka panjang dan membantu meminimalkan risiko kematian.

Namun, yang perlu diperhatikan saat mengalami kecelakaan di jalan, jangan memindahkan orang tersebut, termasuk mengatur posisi kepala karena akan menyebabkan komplikasi seius. Jaga agar posisi badan tetap diam, sambil menunggu tim medis datang.

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer