Logo Lamina

Alami Carpal Tunnel Syndrome yang Mengganggu? Ini Cara Mengatasinya!

Alami Carpal Tunnel Syndrome yang Mengganggu Ini Cara Mengatasinya! - Lamina Pain and Spine Center

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) adalah kondisi medis yang memengaruhi tangan dan pergelangan tangan, menyebabkan gejala seperti nyeri, kesemutan, dan kelemahan. Kondisi ini dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari seseorang, terutama mereka yang banyak menggunakan tangan dalam pekerjaan atau aktivitas rutin. Lantas, apa penyebab dan bagaimana mengatasinya? Simak uraian berikut.

Gejala CTS

Gejala utama Carpal Tunnel Syndrome meliputi:

  • Nyeri: Nyeri atau ketidaknyamanan di pergelangan tangan dan jari-jari, terutama saat malam hari.
  • Kesemutan: Sensasi kesemutan atau mati rasa yang menjalar dari pergelangan tangan hingga jari-jari, khususnya pada jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis.
  • Kelemahan: Menurunnya kekuatan dan kemampuan menggenggam benda-benda kecil seperti pensil atau alat makan.
  • Pembengkakan: Kadang-kadang, terjadi pembengkakan di daerah pergelangan tangan.

Penyebab Carpal Tunnel Syndrome 

Carpal Tunnel Syndrome terjadi ketika saraf median yang melewati pergelangan tangan terjepit atau tertekan. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kondisi ini meliputi:

  • Penggunaan Berlebihan: Penggunaan berlebihan dan berulang pada tangan dan pergelangan tangan, terutama dalam pekerjaan yang melibatkan gerakan monoton dan tekanan berlebih.
  • Anatomis: Struktur anatomi individu, seperti bentuk dan ukuran tulang pergelangan tangan, dapat mempengaruhi risiko terjadinya CTS.
  • Kondisi Kesehatan Lain: Kondisi medis seperti diabetes, obesitas, dan penyakit tiroid dapat meningkatkan risiko seseorang terkena CTS.
  • Kehamilan: Wanita hamil juga memiliki risiko lebih tinggi mengalami CTS akibat perubahan hormon dan peningkatan cairan tubuh.

Penanganan dengan Injeksi Steroid

Ada beberapa cara untuk mengatasi gejala carpal tunnel syndrome, salah satunya yang terbukti efektif adalah dengan injeksi steroid. 

Baca Juga:  Penyebab Bokong Terasa Nyeri dan Penanganannya

Injeksi steroid adalah salah satu bentuk terapi pengobatan untuk mengatasi peradangan dan mengurangi rasa sakit. Steroid yang diinjeksikan dapat membantu mengurangi inflamasi dan bengkak di sekitar saraf median yang terjepit di terowongan karpal. Hal tersebut dapat mengurangi tekanan pada saraf dan meredakan gejala CTS pada pasien.

Steroid bekerja dengan berbagai mekanisme, termasuk:

  • Mengurangi Peradangan: Steroid menghambat respons peradangan tubuh, yang mengurangi produksi zat kimia peradangan seperti prostaglandin. Ini membantu meredakan kemerahan, bengkak, dan rasa sakit yang terkait dengan CTS.
  • Menekan Respons Kekebalan: Steroid dapat menekan respons kekebalan tubuh yang terlibat dalam peradangan. Ini membantu mengurangi reaksi sistem kekebalan terhadap iritasi saraf median di terowongan karpal.
  • Menghambat Konduksi Saraf: Steroid dapat memengaruhi konduksi impuls saraf, membantu meredakan sensasi kesemutan dan rasa sakit akibat CTS.

Prosedur Injeksi Steroid untuk Carpal Tunnel Syndrome

Cara kerja injeksi steroid untuk pengobatan CTS melibatkan langkah-langkah berikut:

  • Evaluasi Medis: Sebelum mengambil keputusan untuk injeksi steroid, seorang profesional medis akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pasien. Hal ini mencakup pemeriksaan fisik, tinjauan riwayat medis, serta tes/ pengujian lain seperti tes saraf atau elektromiografi (EMG).
  • Penentuan Lokasi Injeksi: Dokter akan menentukan lokasi yang tepat untuk injeksi steroid, biasanya di sekitar terowongan karpal di pergelangan tangan.
  • Persiapan Pasien: Pasien mungkin akan diberi instruksi untuk tidak makan atau minum sebelum prosedur, tergantung pada kebijakan dokter dan jenis anestesi yang akan digunakan.
  • Injeksi Steroid: Dokter akan membersihkan area sekitar dan mungkin memberikan anestesi lokal untuk mengurangi rasa sakit selama prosedur. Kemudian, injeksi steroid diberikan langsung ke lokasi yang ditentukan.
  • Tindak Lanjut: Pasien mungkin akan diminta untuk beristirahat sejenak setelah prosedur. Dokter juga akan memberikan panduan terkait perawatan pasca-injeksi, serta jadwal kunjungan tindak lanjut.
Baca Juga:  Awas, Ini Efek Saraf Kejepit di Leher yang Tidak Diobati!

Sebelum menjalani injeksi steroid atau bentuk pengobatan lainnya, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kami di Lamina Pain and Spine Center. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan mendiagnosa penyakit untuk penanganan yang sesuai berdasarkan kondisi medis dan kebutuhan pasien.

Baca juga: Sering Merasa Kesemutan di Tangan, Apakah Saraf Kejepit? Cek Di Sini Yuk!

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa itu Carpal Tunnel Syndrome (CTS)?

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) adalah kondisi medis yang memengaruhi tangan dan pergelangan tangan, menyebabkan gejala seperti nyeri, kesemutan, dan kelemahan. Kondisi ini dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari seseorang, terutama mereka yang banyak menggunakan tangan dalam pekerjaan atau aktivitas rutin.

Apa Gejala CTS?

Gejala utama CTS meliputi: 1. Nyeri di pergelangan tangan dan jari-jari 2. Sensasi kesemutan yang menjalar dari pergelangan tangan ke jari-jari 3. Menurunnya kemampuan menggenggam benda-benda kecil 4. Terjadi pembengkakan di daerah pergelangan tangan

Bagaimana Cara Mengatasi Gejala CTS?

Ada beberapa cara untuk mengatasi gejala carpal tunnel syndrome, salah satunya yang terbukti efektif adalah dengan injeksi steroid.  Injeksi steroid adalah salah satu bentuk terapi pengobatan untuk mengatasi peradangan dan mengurangi rasa sakit. Steroid yang diinjeksikan dapat membantu mengurangi inflamasi dan bengkak di sekitar saraf median yang terjepit di terowongan karpal. Hal tersebut dapat mengurangi tekanan pada saraf dan meredakan gejala CTS pada pasien.

***

Featured photo by tutatama from Freepik

***

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer