Logo Lamina

Mengapa Saat Bangun Tidur Tulang Belakang Sakit? 

bangun tidur tulang belakang sakit - Lamina Pain and Spine Center

Pernahkah Anda bangun tidur tiba-tiba tulang belakang terasa sakit? Hal ini tentu sangat tidak menyenangkan dan tentunya akan menghambat aktivitas yang dilakukan sepanjang hari. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan rasa sakit ini, mulai dari kebiasaan tidur hingga kondisi medis yang serius. Simak penjelasan berikut tentang apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Posisi Tidur yang Salah

Photo by Freepik

Posisi tidur yang tidak mendukung tulang belakang bisa menyebabkan ketegangan otot dan rasa sakit saat bangun tidur. Tidur dengan posisi tengkurap misalnya, bisa menekan tulang belakang dan leher, sehingga menyebabkan nyeri.

Solusi:

  • Cobalah tidur telentang atau miring dengan bantal di bawah lutut untuk menjaga posisi tulang belakang tetap netral.
  • Gunakan bantal yang tepat untuk menyokong leher dan kepala.

2. Kasur yang Tidak Sesuai

Kasur yang terlalu keras atau terlalu lembut bisa menyebabkan tulang belakang tidak berada dalam posisi yang benar selama tidur. Hal ini bisa mengakibatkan rasa sakit pada pagi hari.

Solusi:

  • Investasikan dalam kasur yang memberikan dukungan optimal untuk tulang belakang. Kasur dengan medium firmness biasanya direkomendasikan.
  • Pastikan untuk mengganti kasur setiap 7-10 tahun atau saat sudah mulai terasa tidak nyaman.

3. Bantal yang Tidak Mendukung

Bantal yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan leher dan tulang belakang tidak sejajar, yang bisa menimbulkan rasa sakit.

Baca Juga:  Endoskopi Joimax, Operasi Saraf Kejepit yang Lebih Aman untuk Lansia

Solusi:

  • Pilih bantal yang dapat menopang leher dengan baik sesuai dengan posisi tidur Anda.
  • Bantal memori atau bantal ortopedi bisa menjadi pilihan yang baik.

4. Kurang Aktivitas Fisik

Gaya hidup yang kurang aktif dapat melemahkan otot-otot penopang tulang belakang, sehingga lebih mudah merasa sakit saat bangun tidur.

Solusi:

  • Lakukan latihan fisik secara teratur, termasuk latihan penguatan inti dan peregangan.
  • Yoga dan pilates dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot.

5. Kondisi Medis Tertentu

Beberapa kondisi medis seperti saraf kejepit, osteoarthritis, atau skoliosis bisa menyebabkan rasa sakit pada tulang belakang saat bangun tidur.

Solusi:

  • Jika rasa sakit berlangsung lama atau semakin parah, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.
  • Terapi minimal invasif, terapi injeksi, atau fisioterapi mungkin diperlukan tergantung pada kondisi medis yang mendasarinya. 

Apabila rasa nyeri di tulang belakang berlanjut dan tidak membaik, segeralah periksakan diri ke Klinik Lamina. Dokter spesialis kami akan membantu memberikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. 

Selain datang langsung ke klinik, bagi Anda yang terkendala jarak juga bisa melakukan telekonsultasi melalui video call dengan dokter. Untuk membuat janji konsultasi, silahkan chat Klinik Lamina melalui nomor Whatsapp 0811-1443-599. 

Frequently Asked Question (FAQ)

Apa penyebab tulang belakang sakit saat bangun tidur?

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan rasa sakit ini, mulai dari posisi tidur yang salah, kasur yang tidak sesuai,bantal yang tidak mendukung, kurang aktivitas fisik, hingga kondisi medis tertentu.

Kondisi medis apa yang bisa mengakibatkan tulang belakang sakit saat bangun tidur?
Bagaimana mengatasi rasa sakit di tulang belakang?

Untuk mengatasi rasa sakit di tulang belakang, Anda sebaiknya mengetahui penyebab utamanya. Periksakan diri ke dokter ahli untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat akan diberikan sesuai kondisi nyeri yang dialami.

***

Feature photo by gpointstudio from Freepik

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer