Logo Lamina

5 Obat Nyeri Pinggang Alami yang Patut Dicoba

obat nyeri pinggang alami

Nyeri pinggang kerap dialami oleh orang dewasa, khususnya para pekerja kantoran. Untuk mengatasinya, berbagai obat nyeri pinggang alami bisa Anda coba karena cukup ampuh dan mudah didapatkan. Meskipun, seringkali nyeri pinggang dapat sembuh dengan obat yang terjual bebas di apotek, namun obat alami bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki penyakit tertentu, seperti diabetes agar meminimalisir konsumsi obat-obatan kimia. 

Mengapa Anda Terkena Nyeri Pinggang? 

Menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke (NINDS), sakit pinggang merupakan penyebab paling sering seseorang tidak masuk kerja atau ke sekolah. Keluhan ini biasanya terjadi pada orang dewasa hingga lanjut usia karena berbagai faktor. 

Ketika kita bertambah tua, cairan dalam tulang belakang semakin berkurang sehingga memungkinkan untuk terjadinya pengeroposan tulang hingga pengapuran sendi. Kondisi inilah yang dapat meningkatkan risiko terkena sakit pinggang.

Namun, pada usia muda ada faktor lainnya yang dapat memicu nyeri pinggang, seperti: 

  • Cedera saat berolahraga
  • Duduk dalam waktu yang lama tanpa melakukan peregangan 
  • Mengangkat benda berat dengan posisi tubuh yang salah dan terlalu membebani pinggang
  • Melakukan gerakan berulang yang membebani pinggang
  • Kelainan tulang belakang, seperti skoliosis
  • Saraf kejepit di bagian lumbal (pinggang)

Obat Nyeri Pinggang Alami

Nyeri pinggang dapat menimbulkan rasa sakit yang cukup parah jika membiarkannya tanpa pengobatan. Anda mungkin akan merasa pegal pada pinggang, kaku, atau seperti ada rasa tertusuk benda tajam. Bahkan, pada beberapa kasus, rasa nyerinya semakin memburuk di malam hari dan muncul nyeri menjalar hingga ke area bokong dan kaki. 

Baca Juga:  Pasien Lamina Wajib Menggunakan Masker Saat Berobat

Untuk mengatasi gejala tersebut, ada beberapa obat alami yang bisa Anda coba untuk meredakan sakit pinggang, antara lain: 

Jahe

Jahe memiliki kandungan phytochemical yang dapat mengatasi nyeri sendi dan otot. Phytochemical adalah senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan, sehingga cocok untuk obat sakit pinggang alami. Jika Anda rutin mengonsumsi air jahe maka bisa meredakan nyeri, bengkak ataupun mengurangi kekakuan pada otot pinggang. 

Kunyit

Kandungan kurkumin dalam kunyit telah lama diyakini sebagai obat anti radang yang cukup ampuh untuk mengurangi nyeri sendi. Bahan alami ini sangat tepat digunakan bagi Anda yang menderita sakit pinggang. Namun, tetap berkonsultasi dengan dokter untuk penggunaan kunyit dalam jangka panjang karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan. 

Daun Sirsak

Sejak dulu, sirsak terkenal sebagai tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Daun sirsak mengandung karbohidrat, serat, kalium, vitamin C, fosfor dan kalsium. Berbagai kandungan ini sangat tepat untuk mengatasi sakit pinggang yang Anda derita. Untuk pengobatan, Anda sebaiknya menggunakan daun sirsak tua dengan warna yang hijau tua dan minumlah air rebusannya secara rutin setiap hari untuk menghilangkan nyeri. 

Minyak Peppermint

Minyak peppermint bersifat antiinflamasi, antimikroba, dan anti nyeri yang dapat dijadikan obat nyeri pinggang alami. Cara menggunakannya pun cukup mudah yaitu dengan mengencerkan minyak esensial peppermint dengan carrier oil atau minyak pembawa, lalu pijat perlahan ke area pinggang yang terasa nyeri.

Bawang Putih

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, bawang putih juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bawang putih mengandung allicin, vitamin, kalsium dan mineral yang dapat membantu meredakan sakit pinggang. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau membuat ramuan oles dari bawang putih dan campuran bahan alami lainnya.

Baca Juga:  Waspada, Kenali Gejala Saraf Kejepit Leher yang Bisa Picu Kelumpuhan!

Bagaimana Jika Nyeri Tak Kunjung Membaik? 

Obat-obatan alami yang Anda coba mungkin tidak memberikan efek kesembuhan yang signifikan pada kondisi nyeri pinggang. Jika tak ingin rasa nyeri semakin parah, sebaiknya segera periksakan diri ke Lamina Pain and Spine Center untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan penanganan tepat. 

Setelah pemeriksaan oleh dokter spesialis kami dan ternyata Anda terdiagnosa dengan saraf kejepit di pinggang, maka akan memerlukan pengobatan yang lebih spesifik. Salah satu metode pengobatan terbaik untuk saraf kejepit pinggang yaitu dengan endoskopi Joimax.

ILESSYS® dari Joimax merupakan inovasi berteknologi tinggi yang dapat mengatasi saraf kejepit tanpa operasi. Dokter akan memasukkan alat endoskopi melalui insisi atau sayatan kecil yang memungkinkan akses ke lapang bedah yang lebih luas dan visualisasi langsung ke area saraf yang terjepit. Dokter akan mulai mengambil atau membuang bantalan tulang dan jaringan lainnya yang menekan saraf secara perlahan sehingga tidak merusak jaringan di sekitarnya. 

Dengan menggunakan teknik ILESSYS®, waktu tindakan hanya sekitar 45 menit, risiko kecil komplikasi, kerusakan jaringan minimal, tanpa rawat inap dan proses penyembuhan juga lebih cepat. 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Assistance Center kami di nomor 021-7919-6999 atau chat via whatsapp ke 0811-1443-599. 

Jika Anda terkendala jarak, kami memiliki layanan telekonsultasi (online) langsung dengan dokter spesialis bedah saraf Lamina. Sebagai informasi tambahan, Anda bisa mengunjungi  Lamina Pain and Spine Center yang berlokasi di Mampang, Cibubur, Pulomas dan Kuningan.

Baca juga: Tanpa Operasi, Begini Pengobatan Sakit Pinggang yang Lebih Ampuh

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer