Logo Lamina

Waspada, Patah Tulang Belakang Berisiko Sebabkan Kelumpuhan

sakit pinggang sebelah kiri

Patah tulang belakang merupakan kondisi yang berbahaya dan bisa sebabkan seseorang mengalami kelumpuhan. Kondisi ini merupakan salah satu jenis cedera saraf tulang belakang yang terjadi akibat adanya gangguan atau kerusakan pada saraf di ruas tulang belakang. Kerusakan ini bisa berupa pergeseran, patah, atau terkilirnya tulang punggung.

Apa Penyebabnya?

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan patah atau fraktur tulang belakang, antara lain karena kecelakaan, terjatuh dari ketinggian, berolahraga, atau kondisi kesehatan tertentu seperti osteoporosis, tumor tulang belakang atau kanker tulang. 

Hal penting yang harus diperhatikan, yakni kondisi ini bisa sangat berbahaya dan sebaiknya tidak disepelekan. Satu tulang belakang yang patah dapat meningkatkan risiko patah tulang belakang lainnya. Pada umumnya, Anda tidak bisa mengobati patah dengan hanya perawatan di rumah. Sebab, seiring waktu kondisi ini bisa menjadi lebih parah karena susunan tulang belakang bisa terganggu sehingga menyebabkan tulang melengkung ke depan. 

Gejala yang muncul berbeda tergantung dari tingkat keparahan dan lokasi cedera. Biasanya, Anda akan merasakan nyeri di sekitar leher atau punggung, kesemutan, mati rasa, lumpuh di sebagian anggota tubuh, hingga kekakuan otot

Benarkah Kondisi yang Parah Bisa Berujung Kelumpuhan? 

Jika tidak segera tertangani, patah atau kerusakan saraf tulang belakang dapat berisiko sebabkan kelumpuhan. Hal ini terjadi akibat hilangnya kemampuan sensorik tubuh serta kendali gerak pada tubuh.

Berikut ini adalah gejala hilangnya sensorik dan pengendalian gerak tubuh  yang terbagi dalam tiga kategori, yaitu: 

Tetraplegia atau Quadriplegia

Kelumpuhan pada tahap ini terjadi pada kedua lengan atau kedua tungkai. Selain kelumpuhan pada anggota tubuh, patah tulang belakang juga bisa menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan bernafas. Bahkan, pada kondisi medis tertentu Anda mungkin memerlukan alat bantu pernapasan karena kelumpuhan bisa terjadi pada otot dada. 

Baca Juga:  6 Gejala Asam Urat yang Sebaiknya Anda Waspadai

Paraplegia

Pada tahap paraplegia, Anda bisa mengalami lumpuh pada setengah tubuh bagian bawah. Umumnya, kelumpuhan terjadi pada kedua tungkai yang akan menghambat dalam melakukan berbagai aktivitas. 

Triplegia

Kelumpuhan bisa meluas hingga mengenai tiga bagian tubuh, yakni kelumpuhan yang mengakibatkan hilangnya kendali gerak pada salah satu lengan dan kedua tungkai. Hal ini tentu sangat berbahaya jika tidak segera ditangani. 

Mengatasi Patah Tulang Belakang dengan Kyphoplasty

Menurut dr.Mahdian Nur Nasution, Sp.BS, salah satu pengobatan yang tepat untuk menangani patah tulang belakang yaitu dengan kyphoplasty. Dr. Mahdian, pakar tulang belakang sekaligus dokter spesialis bedah saraf di Lamina Pain and Spine Center, mengungkapkan bahwa kyphoplasty merupakan tindakan minimal invasif yang lebih efektif untuk fraktur yang Anda alami.

Kyphoplasty menggunakan panduan alat X-Ray untuk menempatkan jarum khusus melalui insisi atau sayatan kecil pada punggung ke dalam lokasi yang terkena fraktur kompresi. Selanjutnya, setelah jarum tersebut tepat pada posisinya, sebuah balon akan dikembangkan untuk membuat rongga pada tulang belakang. Dokter akan menyuntikkan semen tulang pada rongga tersebut dan semen akan langsung mengeras. Hal ini bertujuan untuk menguatkan dan memadatkan tulang belakang yang telah rusak. 

Dengan prosedur ini, Anda tak perlu lagi khawatir nyeri akan muncul, karena lebih minim risiko dan proses penyembuhannya pun lebih cepat daripada operasi bedah terbuka. Selain itu, waktu tindakan yang relatif singkat akan membuat Anda lebih nyaman dan tidak perlu menjalani rawat inap serta bisa langsung pulang ke rumah dan beraktivitas kembali. 

Apabila memiliki keluhan patah tulang dan ingin berkonsultasi, Anda bisa menghubungi Lamina Pain and Spine Center pada nomor 021-7919-6999. Atau bisa juga chat kami via whatsapp ke nomor 0811-1443-599. 

Baca Juga:  Tulang Belakang Bengkok Tidak Normal, Waspadai Kifosis

Untuk lebih memudahkan Anda, kami juga memiliki layanan telekonsultasi langsung dengan dokter spesialis bedah saraf Lamina. Yuk, segera periksakan diri hanya ke Lamina Pain and Spine Center untuk mendapatkan diagnosis serta penanganan yang tepat!

Tonton juga video testimoni berikut ini ya, untuk mengetahui tentang kyphoplasty untuk patah tulang belakang: 

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer