Tulang Belakang Nyeri Saat Udara Dingin, Apa Penyebabnya?

tulang belakang nyeri

Tulang belakang nyeri saat udara dingin, siapa yang pernah mengalaminya? Banyak orang sering mengaitkan masalah nyeri dengan perubahan suhu. Namun, hingga saat ini belum ada penelitian lebih lanjut terkait tulang belakang nyeri saat udara dingin.

Meskipun, begitu ada sebuah teori yang mengungkapkan jika fenomena ini berkaitan dengan adanya perubahan tekanan udara atau barometic pressure pada lingkungan yang bersuhu dingin. Saat tekanan udara menurun, maka akan menyebabkan jaringan tubuh mengembang atau alami pembengkakan sehingga bisa menyebabkan desakan pada ruang sendi.

Umumnya, orang yang memiliki penyakit tertentu akan lebih peka terhadap fenomena ini. Misalanya, pada penderita artritis sarafnya akan lebih peka karena mengalami cedera, pembengkakan, peradangan dan jaringan parut akan terasa nyeri ketika merasakan tekanan udara. Meski begitu, masih perlu adanya penelitian lebih lanjut terkait teori tersebut.

Ada juga teori yang mendasarkan pada kondisi tubuh seseorang saat merasa dingin. Ketika seseorang berada pada tempat bersuhu rendah, maka pembuluh darah akan menyempit sehingga terjadi penurunan aliran darah terhambat. Hal ini membuat kulit seseorang menjadi lebih kaku dari keadaan normal dan akan membuat lebih banyak tekanan pada bagian saraf yang sensitif.

Malas bergerak saat udara dingin bisa jadi penyebabnya

Biasanya, saat suhu menjadi rendanh atau dingin akan membuat seseorang malas bergerak apalagi olahraga. Kebanyakan dari mereka akan memilih berbaring berselimutkan kehangatan. Padahal ini bisa membuat risiko sakit punggung semakin tinggi.

Setiap orang setidaknya dalam seumur hidupnya pernah mengalami sakit punggung. Namun, pada beberapa kasus rasa sakit ini bisa mengurangi kualitas hidup seseorang.

Baca Juga:  Spondylolisthesis: Gejala, Penyebab dan Penanganannya

Nah, bagaimana caranya untuk mencegah kondisi ini terjadi? simak tips berikut ini.

Cara mencegah tulang belakang nyeri saat udara dingin

  1. Mulai dengan yoga yang ringan
    Yoga sangat fokus pada latihan kekuatan, fleksibilitas dan nafas. Hal ini sangat terkait dengan pemulihan nyeri punggung. Khususnya gerakan seperti bridge
  2. Berjalan kaki setiap hari
    Berjalan santai akan membuat otot tetap siap untuk bergerak.
  3. Cobalah latihan low-impact
    Latihan low-impact bisa mengurangi rasa nyeri dan membuat tubuh lebih siap bergerak. Latihan ini sangat baik untuk pengidap sakit punggung bawah yang disebabkan oleh postur yang buruk, atau setiap udara dingin muncul.

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer