Logo Lamina

Tangan Kesemutan, Jangan Anda Sepelekan

tangan-kesemutan

Tangan kesemutan biasa terjadi, siapapun pasti pernah mengalaminya. Walupun terlihat sepele, jika kondisi ini terjadi dalam waktu yang lama bisa mengganggu aktivitas penderitanya.

Penyebabnya beragam. Kesemutan pada tangan yang berlangsung sementara, penyebabnya bisa karena adanya tekanan pada tangan. Jika tekanan tersebut hilang, kesemutan pun  hilang.

Jika kondisi ini berlangsung dalam waktu yang lama, bisa karena kondisi medis, cedera atau efek samping pengobatan tertentu. 

Kondisi Medis  Penyebab Tangan Kesemutan

Sindrom Lorong Karpal (CTS)

Salah satu penyebabnya bisa karena kondisi medis carpal tunnel syndrome atau sindrom lorong karpal. Kondisi ini terjadi karena  kerusakan saraf yang di sebabkan oleh tekanan berulang dan iritasi saraf medianus pada tangan.

Gejala yang timbul,  tangan kesemutan terutama di malam hari, pergelangan tangan sakit, lemah atau gangguan koordinasi tangan. Hal ini bisa terjadi karena trauma akibat pekerjaan yang di lakukan secara terus menerus. Khususnya pada orang yang sering menggunakan tangannya untuk mengetik, menulis atau mengepak barang, lebih berisiko terkena.

Baca Juga: Cara Atasi Tangan Kesemutan Akibat CTS

Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis (RA) adalah peradangan pada sendi (arthritis) akibat gangguan autoimun atau sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan tubuh. Jika kondisi ini memengaruhi sendi di pergelangan tangan, peradangan bisa menekan saraf di tangan dan jari sehingga muncul sindrom lorong karpal (CTS). Gejala yang timbul, berupa  sakit, mati rasa, dan tangan kesemutan sampai jari.

Diabetes

Pada beberapa kasus, kesemutan merupakan tanda awal dari diabetes. Umumnya pertama kali terasa pada telapak kaki kemudian menjalar ke kaki bagian atas. Kemudian, akan terasa pada jari tangan sampi ke bagian lengan. Walupun gejala awalnya terasa ringan, namun jika tidak mendapatkan penanganan dengan tepat bisa berdampak buruk. 

Baca Juga:  Apa yang Harus Dilakukan Jika Terkena Saraf Kejepit?

Tangan kesemutan kronis bisa juga terjadi bila pembuluh darah kecil terganggu. Jika pembuluh darah yang memasok saraf pada jari tangan yang alami gangguan, maka gejala yang akan timbul berupa  kesembutan, sakit, atau mati rasa. Kondisi bisa terjadi pada penderita diabetes.

Kerusakan saraf

Kerusakan saraf pada tangan bisa menyebabkan tangan kesemutan. Kondisi ini bisa saja terjadi akibat infeksi, cedera atau akibat penggunaan tangan yang berlebihan. Misalnya, seseorang yang bekerja dengan mengoperasikan mesin yang bergetar, maka bisa terjadi tangannya mengalami kerusakan saraf dan alami kesemutan.

Kondisi ini di sebut dengan ‘sindrom getaran tangan dan lengan’. Akibat kerusakan tersebut, saraf pada area tersebut bisa mengalami kesemutan. Penyakit yang memiliki potensi alami hal tersebut adalah stroke, multiple sclerosis dan tumor otak. Kondisi ini serius, tapi kasusnya jarang terjadi dan biasanya gejala yang timbul bukan hanya kesemutan saja.

Meskipun  sekilas tampak wajar, namun kondisi ini bisa jadi gejala penyakit tertentu. Jika di sertai dengan ruam, pusing, dan kejang otot, segera konsultasikan pada dokter. Dokter akan memberikan penanganan sesuai dengan kondisi pasien.

Baca Juga: Penyebab Ujung Jari Tangan Sering Alami Kesemutan

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer