Sepatu Hak Tinggi Sebabkan Nyeri Punggung - Lamina Pain and Spine Center
preloader
Edit

Event Bebas Nyeri

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Sepatu Hak Tinggi Sebabkan Nyeri Punggung

  • Home
  • -
  • Blog
  • -
  • Sepatu Hak Tinggi Sebabkan Nyeri Punggung
 Sepatu Hak Tinggi Sebabkan Nyeri Punggung

Sepatu hak tinggi bisa menyebabkan nyeri punggung, benarkah? Sepatu hak tinggi atau high heels rasanya telah menjadi bagian kehidupan dari perempuan. Kebanyakan perempuan merasa kepercayaan dirinya meningkat setelah menggunakan sepatu hak tinggi. Namun, ternyata tanpa mereka sadari penggunaan high heels ini bisa berisiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Apa dampak penggunaan sepatu hak tinggi bagi kesehatan?

Penggunaan high heels dalam waktu lama bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kerusakan pada tendon, bunion, plantar fasciitis, nyeri punggung, dan nyeri pinggang. Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan pada tumpuan tubuh karena sepatu hak tinggi ini membuat tumit menjadi naik, jari kaki di bawah tulang belakang akan membengkok serta tulang pinggul ke belakang.  

Bagaiamana penggunaan sepatu hak tinggi dapat menyebabkan nyeri punggung?

Ketika menggunakan high heels di atas 5 cm, kaki akan berada pada seperti berjinjit. Kaki akan maju ke arah depan dan memaksa jari kaki melengkung, membuat posisi yang tidak alami dan berat tubuh akan lebih bertumbu atau condong kepada jari kaki.

Tumpuan berat tubuh inilah yang akan menyebabkan tubuh menjadi lebih maju ke arah depan dan punggung dalam posisi melengkung. Postur tubuh ini akan membuat otot dan juga ligamen penyangga sekitar bekerja lebih kuat agar postur tubuh tetap tegak terjaga. Kemudian karena hal tersebutlah yang menyebabkan nyeri pada punggung bawah.

Perubahan posisi pada tulang belakang akan meningkatkan tekanan pada syaraf pinggang dan menyebabkan tekanan pada saraf sehingga timbul rasa nyeri dan baal di kaki.

Haruskah berhenti pakai high heels?

Berarti tidak boleh pakai high heels lagi? Eits, jangan khawatir dulu. Sebenarnya, tidak ada larangan untuk memakai high heels, hanya saja kamu perlu memperhatikan waktu pemakaiannya, jangan terlalu lama dan jangan terlalu sering. Selain itu, ada juga beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memakai high heels, seperti:

Pilih hak sepatu yang tepat

Pilih sepatu dengan hak yang rendah, kira-kira kurang dari 2cm dan memiliki dasar hak yang lebar dan tebal. Hal ini  dikarenakan  akan “membagi” bobot tubuh Anda.

Pastikan ukuran sepatu pas dan nyaman

Gunakan ukuran sepatu yang pas dan nyaman. Jika tidak, kamu akan merasakan ketidaknyamanan dan juga sakit pada jari-jari kaki karena mendapatkan beban tekanan tubuh.

Gunakan sepatu hak tinggi pada waktu yang tepat

Kamu bisa menggunakan hak tinggi saat tidak harus banyak berdiri atau berjalan. Namun, jika harus terpaksa mengenakannya, kamu bisa sesekali mengistirahatkan kaki mu sejenak dan gunakan kembali.

Lakukan peregangan

Kamu bisa melakukan peregangan kaki jika sudah merasa pegal. Renggangkan otot-otot kaki agar bisa rileks.

Nah, jadi bagaimana? Kamu masih tetap bisa menggunakan high heel namun, perlu memerhatikan juga kesehatan kaki dan/atau tubuhmu.

.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Tutup

©2020, Lamina Pain and Spine Center. Media All Rights Reserved.

PT Sejahtera Berkah Medika

    Daftar Online