Logo Lamina

Raffi Ahmad Jalani Tindakan Endoskopi untuk Atasi Saraf Kejepit di Klinik Lamina Pain and Spine Center

saraf terjepit raffi ahmad

Jakarta – 18 Maret 2022 Artis sekaligus presenter ternama, Raffi Ahmad belum lama ini mendatangi  Klinik Pusat Nyeri Saraf dan Tulang Belakang, Lamina Pain and Spine Center setelah merasakan keluhan nyeri pinggang hebat disertai dengan kesemutan. Setelah melakukan pemeriksaan, Raffi ternyata mengidap saraf kejepit. Ia pun harus segera mendapatkan penanganan medis, yaitu endoskopi.

Raffi sendiri pun mengakui kepada dr. Mahdian Nur Nasution, Sp.BS yang menanganinya, bahwa sudah cukup lama merasakan keluhan nyeri pinggang. Kemudian, keluhan tersebut kambuh kembali saat ia menggendong putranya, Rafathar Malik Ahmad.

“Saya selalu bermasalah di sini (pinggang) dok. Kemarin mungkin karena Rafathar sudah semakin berat, terus saya gendong-gendong langsung kena (pinggang), sakit ya dok,” cerita Raffi.

Baca Juga: Saraf Kejepit Adalah Penyebab Nyeri Punggung Bawah (Pinggang) Paling Sering

Raffi Ahmad Alami Saraf Kejepit

Raffi Ahmad Kena Saraf Kejepit

Nyeri pinggang atau nyeri punggung bawah merupakan salah satu keluhan yang umum. Menurut WHO (2013), keluhan nyeri pinggang ini bisa terjadi pada siapa saja, baik jenis kelamin, usia, ras, status pendidikan dan profesi. Keluhan ini biasa muncul setelah mengangkat benda berat, duduk terlalu lama dan melakukan gerakan berulang.  

Dalam hal ini, menurut dr. Mahdian Nur Nasution, Sp.BS berdasarkan pemeriksaan dan hasil MRI, Raffi Ahmad mengalami saraf kejepit. Ada bantalan yang menonjol yang menjadi penyebab saraf terjepit.  

“Ini sarafnya mas Raffi, memang ada bantalan yang menonjol yang menekan saraf. Jadi yang bikin sakit bantalan ini karena sarafnya tertekan,” ujarnya.

Raffi pun mendapatkan saran untuk melakukan tindakan endoskopi untuk mengatasi masalah saraf kejepitnya.

Baca Juga:  Sering Kesemutan Saat Naik Motor? Awas, Saraf Kejepit Leher!

Jika kondisi ini terjadi, penderitanya akan merasakan gejala nyeri pinggang atau punggung bawah dan punggung atas. Selain itu, juga akan mengalami beberapa gejala lainnya, antara lain merasakan nyeri seperti tertusuk yang bisa menjalar hingga tungkai, kesemutan dan melemahnya otot.

Untuk mengetahui apakah seseorang mengalami saraf kejepit, perlu melakukan pemeriksaan dengan dokter. Dokter akan menanyakan gejala yang ia alami dan aktivitas sebelum munculnya gejala. Kemudian, dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan radiologi, seperti MRI.

Endoskopi Sebagai Solusi Terkini Atasi Saraf Kejepit

Setelah memastikan Raffi tekena saraf kejepit, dokter pun langsung menyarankan untuk segera melakukan tindakan. Ayah dari Rafathar dan Rayyanza Malik Ahmad ini, sempat enggan dan takut ketika mendengar jika untuk mengobati saraf kejepit, biasanya tindakan yang dilakukan adalah operasi.

“Tenang, sekarang teknologi sudah bagus pakai endoskopi. Prinsip endoskopi itu hanya membutuhkan sayatan yang sangat kecil, yaitu 7mm kurang dari 1cm. Lukanya tidak besar, sehingga nanti mas Raffi setelah tindakan bisa langsung pulang tidak perlu rawat inap,” jelasnya.

Prosedur endoskopi hanya menimbulkan goresan yang sangat kecil, sehingga bisa memberikan manfaat dan kenyamanan pada pasien lebih baik dibandingkan dengan teknik bedah konvensional.

Selain memiliki luka goresan yang minimal, tindakan endoskopi ini hanya menggunakan bius lokal. Sehingga pasien tidak perlu rawat inap karena bisa dilakukan dengan one day care. Waktu tindakan 30-45 menit yang terbilang cukup cepat.

Alat endoskopi di klinik Lamina berasal dari Jerman dan hanya satu-satunya di Indonesia. Lebih lanjut, tindakan endoskopi tulang belakang di klinik Lamina Pain and Spine Center, dilakukan oleh dokter spesialis bedah saraf berpengalaman dengan jam terbang lebih dari 2100 tindakan. Menjadikan klinik Lamina sebagai salah satu klinik nyeri dan tulang belakang terbesar di Asia Tenggara.

Baca Juga:  Mandi Air Hangat Bisa Sembuhkan Saraf Kejepit, Mitos atau Fakta?

Untuk melakukan informasi lebih lanjut mengenai saraf kejepit atau nyeri tulang belakang silakan mengunjungi website kami www.lamina.id , instagram @lamina_id.  Jangan tunggu masalah nyeri saraf kejepit mengganggu aktivitas harianmu, segera konsultasikan dengan dokter spesialis bedah saraf kami di 0811-1443-599.  

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer