Perhatikan! Ada Pantangan Makanan yang Harus Dihindari Penderita Saraf Kejepit

pantangan makanan saraf kejepit

Untuk mempercepat penyembuhan, ada beberapa pantangan makanan sebaiknya diihindari oleh penderita saraf kejepit. Saraf kejepit bisa menimbulkan kebas, kesemutan,hingga rasa nyeri yang menjalar hingga ke tungkai kaki. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk tetap menjaga asupan makanan agar mencegah dari rasa sakit yang berkepanjangan. Lalu, apa saja sih jenis makanan yang sebaiknya tidak kita konsumsi? Simak penjelasan berikut.

Jenis Makanan yang Harus Dihindari

Jika tidak ingin nyeri bertambah parah, sebaiknya hindari hal-hal yang dapat menjadi pemicunya, seperti pantangan untuk makanan tertentu. Sebab, beberapa jenis makanan malah bisa memperparah kondisi saraf kejepit yang Anda alami.

Berikut ini adalah pantangan makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita saraf kejepit, antara lain:

Makanan yang mengandung gluten

Gluten merupakan jenis protein yang terkandung dalam gandum,barley, roti, atau kue. Selain dapat menyebabkan alergi, makanan ini tidak baik untuk penderita saraf kejepit. Sebaiknya perbanyaklah mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti buah-buahan dan sayur. Makanan ini bisa membantu proses pemulihan saraf kejepit lebih cepat.

Makanan dan minuman dengan pemanis buatan

Seperti yang kita ketahui bahwa pemanis buatan tidak baik bagi kesehatan, termasuk untuk penderita saraf kejepit. Pemanis buatan tidak mengandung banyak nutrisi, sehingga Anda perlu menghindarinya. Mulailah mengganti asupan makanan atau minuman dengan kandungan gula yang sedikit atau gantilah dengan menggunakan madu.

Daging olahan dan makanan olahan lain

Daging olahan mengandung nitrit atau garam yang tinggi. Makanan ini bisa memperburuk kondisi saraf kejepit yang Anda alami. Selain itu, konsumsi daging atau makanan olahan lain yang berlebihan bisa mengakibatkan obesitas sehingga berisiko menghambat proses penyembuhan saraf kejepit.

Baca Juga:  Lamina Pain and Spine Center Menyediakan Layanan Penjaminan Asuransi untuk Tindakan Operasi Syaraf Kejepit

Mentega

Mentega mengandung tinggi kalori dibandingkan dengan nutrisi lainnya. Kelebihan kalori bisa menyebabkan kenaikan berat badan sehingga meningkatkan inflamasi dan nyeri pada penderita saraf kejepit. Anda sebaiknya mengonsumsi makanan rendah kalori atau hindari makanan yang menggunakan banyak mentega.

Aktivitas yang Juga Harus Dihindari oleh Penderita Saraf Kejepit

Selain pantangan makanan, ada larangan-larangan kegiatan yang sebaiknya juga tidak Anda lakukan jika menderita saraf kejepit, seperti:

  • Berolahraga dengan mengangkat beban terlalu berat
  • Latihan dengan intensitas tinggi, seperti kickboxing atau kardio
  • Latihan dengan kecepatan tinggi, seperti berlari atau bersepeda
  • Melakukan gerakan berulang-ulang, seperti mengetik terlalu lama di laptop atau ponsel
  • Gerakan mendadak, seperti memutar tubuh tiba-tiba atau melompat
  • Postur tubuh yang tidak baik saat duduk depan laptop atau saat sedang bermain ponsel

Untuk mencegah nyeri bertambah parah, lakukan berbagai pantangan di atas dan beristirahatlah secukupnya. Jangan abaikan rasa sakit berkepanjangan karena bisa menyebabkan risiko kerusakan permanen pada saraf. Berkonsultasilah secepatnya dengan dokter spesialis bedah saraf kami di Lamina Pain and Spine Center untuk mengatasi saraf kejepit Anda dengan metode pengobatan terbaik. Silakan hubungi Assistance Center Lamina pada nomor yang tertera di website.

Baca juga: Pantangan Syaraf Kejepit Bagi Anda yang Dalam Masa Pengobatan

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer