Logo Lamina

Memahami Penyebab Tulang Belakang Sakit

penyebab-tulang-belakang-salit

Penyebab tulang belakang sakit bervariasi, meskipun begitu jika sudah sakit bisa sangat mengganggu. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui penyebabnya agar segera mendepatkan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi.

Nyeri pada tulang belakang bagian bawah biasanya berkaitan dengan nyeri punggung bagian bawah atau low back pain. Nyerinya biasanya berhubungan dengan ligamen sekitar tulang belakang, syaraf dan sumsung tulang belakang. Orang berusia 30-40 tahun  lebih berisiko mengalami kondisi ini.

Apa Sih, Penyebab Sakit Tulang Belakang Bawah?

gangguan pada struktur tulang: Kifosis

Ada beragam faktor yang bisa meningkatkan risiko tulang belakang sakit. Misalnya, obesitas, kehamilan, pola gaya hidup yang kurang sehat, kondisi kesehatan, dan  mengonsumsi obat-obatan tertentu.  Berikut beberapa penyebab  tulang belakang sakit:

Ketegangan  otot

Ketegangan otot, sering di kenal sebagai keseleo umumnya terjadi saat mengangkat benda berat dengan postur tubuh yang salah atau melakukan gerakan secara tiba-tiba. Selain itu bisa juga karena melakukan aktivitas secara berlebihan.

Gangguan pada struktur tulang belakang

Misalnya mengalami kondisi artritis, osteoporosis atau lengkungan tulang belakang yang tidak normal, seperti skoliosis dan kifosis.

Penyakit tertentu

Misalnya, stenosis spinal, degeneratif spondylolisthesis, hilangnya fungsi syaraf pada sumsum tulang belakang bagian bawah, infeksi jamur atau bakteri pada tulang belakang, dan juga kanker pada tulang belakang.

Bagaimana sih, Mengatasi Sakit Tulang Belakang?

Cara mengatasi kondisi ini bergantung pada penyebabnya. Berikut adalah rekomendasi yang bisa di lakukan.

  • Minum obat pereda nyeri. Obat ini hanya bisa membantu meringankan gejala nyerinya. Selalu konsultasikan dengandokter terkait dosis dan cara penggunaannya.
  • Suntik antiradang. Biasanya dapat di berikan jika sakitnya sudah menjalar sampai ke kaki, meskipun sudah minum  obat pereda nyeri namun masih terasa. Suntikan ini dapat membantu menurunkan peradangan pada sekitar akar syaraf sehingga meringankan rasa sakit untuk sementara. Sebaiknya, konsultasikan lebih dulu dengan dokter.
  • Operasi. Tindakan ini merupakan pilihan paling akhir jika rasa nyeri semakin memburuk atau jika pengobatan lain masih tidak berhasil. Tindakan yang paling umum di lakukan adalah  discectomy. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan operasi ini. Tanyakan juga, apakah memiliki efek samping dan berapa lama proses penyembuhannya.
  • Terakhir merupakan pilihan alternatif, yaitu akupuntur. Namun, sekali lagi konsultasikan dengan dokter apakah cukup aman untuk melakukannya.
Baca Juga:  Cegah Dehidrasi Saat Puasa Dengan Cara Ini

Baca Juga: Latihan Fisioterapi Untuk Atasi Low Back Pain

Mulailah dengan menjalani pola gaya hidup sehat, menjaga berat badan tetap ideal untuk mencegah kondisi ini terjadi. Lalu, berkonsultasilah ke dokter syaraf  atau dokter ortopedi untuk mendapatkan tindakan penanganan yang paling tepat berdarkan penyebabnya dan tingkat keparahan sakitnya.

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer