Logo Lamina

Penyebab Nyeri Lengan Atas, Awas Ada Penyakit Serius

penyebab nyeri lengan atas

Penyebab nyeri lengan atas bisa karena berbagai hal. Namun, paling sering adalah akibat cedera atau penggunaan lengan yang berlebihan.

Penderita biasanya menggambarkanya dengan rasa nyeri/sakit yang tidak nyaman, atau kaku. Keluhan bisa muncul tiba-tiba lalu menghilang, atau semakin lama justru bertambah berat.

Selain rasa sakit dan kaku, masalah pada lengan atas juga dapat memunculkan gejala lain seperti bengkak pada sendi bahu, kemerahan, dan lainnya bergantung pada penyebabnya.

Penyebab Nyeri Lengan Atas yang Mungkin Terjadi

Saraf kejepit

Keluhan satu ini bisa terjadi akibat tulang atau jaringan pada bahu, leher atau siku menekan sebuah saraf/ saraf kejepit. Selain nyeri, gejala lainnya bisa juga berupa kesemutan, baal atau mati rasa,otot melemah, atau nyeri yang sangat tajam.

Herniasi diskus

Diskus adalah bantalan yang berada antara tulang yang menyusun tulang belakang. Apabila salah satu diskus pada leher pecah, bisa mengakibatkan nyeri, baal, kelemahan, kesemutan atau rasa seperti terbakar pada lengan.

Terkilir

Ligamen atau tendon dapat robek akibat cedera. Biasanya akan mulai terasa sakit, bengkak, memar, kelemahan dan spasme atau kaku otot.

Tendonitis

Tendonitis adalah peradangan pada tendon. Sering terjadi pada bahu, siku dan pergelangan tangan.

Rotator cuff injury

Rotator cuff adalah bagian dari bahu yang terdiri dari otot dan tendon. Memungkinkan bahu untuk bergerak atau tetap pada tempatnya. Kendati demikian, seiring waktu bagian ini bisa mengalami kerusakan. Biasanya ditandai dengan rasa sakit yang tumpul dan lengan terasa lemah, hingga sakit berat terus menerus.

Patah Tulang

Patah tulang juga bisa menyebabkan nyeri pada lengan atas. Selain nyeri, biasanya juga akan alami pembengkakan, memar, sulit menggerakkan tangan, perubahan bentuk lengan yang terlihat jelas, dan baal atau mati rasa.

Baca Juga:  Hindari Kram Otot atau Nyeri Otot Punggung
Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis adalah penyakit peradangan pada sendi yang ditandai dengan sendi terasa hangat, bengkak, kaku.

Serangan Jantung

Serangan jantung terjadi saat ada sumbatan yang menghalangi suplai oksigen jantung. Hal ini bisa menyebabkan bagian otot jantung yang mati karena tidak mendapatkan oksigen. Gejalanya bisa berupa:

  • Nyeri pada salah satu atau kedua lengan dan bagian tubuh atas lainnya
  • Sesak napas
  • Mual
  • Keringat dingin
  • Sakit pada bagian dada
  • Pusing

Nah, untuk mengetahui secara pasti apa sih penyebab nyeri lengan atas yang sedang dialami sebaiknya periksakan ke dokter. Dokter mungkin akan menanyakan beberapa pertanyaan terkait keluhan dan aktivitas sebelum keluhan terjadi, melakukan pemeriksaan fisik dan juga beberapa pemeriksaan penunjang.

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer