Pengobatan Cedera Lutut Akibat Robekan Meniskus

pengobatan-cedera-lutut

Pengobatan cedera lutut akibat robekan meniskus bergantung pada beberapa faktor, seperti usia, gejala dan aktivitas yang dilakukan. Selain itu, juga bergantung pada jenis, ukuran dan lokasi cedera.

Pada kasus cedera meniskus ringan hingga sedang tidak memerlukan prosedur operasi. Robekan pada sepertiga bagian luar meniskus biasanya dapat sembuh dengan sendirinya karena mendapatkan suplai darah. Hal ini lah yang bisa membantu proses regenerasi tulang rawan.

Sementara pada dua pertiga bagian dalam meniskus yang kekurangan darah, tidak bisa sembuh dengan sendirinya. Sehingga perlu mendapatkan penanganan lebih lanjut, termasuk pembedahan.

Pengobatan Cedera Lutut

Bedah (operasi)

Apabila robekan  cukup besar sehingga lutut tidak stabil dan terkunci, kemungkinan besar dokter akan menyarankan  prosedur bedah. Prosedur yang dilakukan berupa artroskopi lutut. Caranya, dengan memasukkan kamera kecil melalui sayatan pada lutut yang berfungsi untuk memperbaiki struktur meniskus atau membuang pecahan meniskus yang mengganggu.

Prosedur bedahi yang dokter lakukan, seperti berikut:

  • Perbaikan meniskus dilakukan dengan menjahit bagian yang robek menjadi satu kembali. Prosedur ini bergantung pada jenis dan kondisi robekan.
  • Menisektomi parsial dengan cara mengangkat sepotong meniskus yang robek sehingga lutut bisa kembali normal lagi.
  • Menisektomi total dengan mengangkat seluruh meniskus dan menggantinya melalui prosedur transplantasi.

Setelah tindakan pembedahan, konsultasikan dengan dokter untuk melakukan latihan rehabilitasi untuk mengembalikan fungsi  lutut. Rehabilitasi perbaikan meniskus biasanya membutuhkan waktu 3 sampai 6 bulan, sementara menisektomi 3 sampai 6 minggu.

Non-bedah

Pada kasus ringan hingga sedang tidak memerlukan tindakan bedah. Jika gejala tidak semakin parah dokter mungkin akan menyarankan perawatan npn-bedah.

Berikut adalah pertolongan pertama dengan metode RICE ( Rest, Ice, Compression, dan Elevation) untuk membantu mempercepat proses penyembuhan. Berikut caranya:

  • Istirahatkan lutut setelah mengalami cedera dengan mengurangi aktivitas. Jika ingin berjalan, bisa menggunakan alat bantu, seperti kruk.
  • Berikan es untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan selama 15 sampai 20 menit setiap 3 hingga 4 jam selama 2-3 hari atau sampai rasa nyeri dan bengkak menghilang.
  • Mengompres dengan menggunakan perban elastis untuk membantu mengurangi bengkak.
  • Posisikan lutut lebih tinggi dengan menaruh bantal di bawah tumit.
Baca Juga:  Berapakah Biaya Operasi Saraf Kejepit?

Dokter akan meresepkan obat antiinflamasi  untuk membantu mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan. Pemberikan suntikan obat kortikosteroid ke dalam sendi lutut juga bisa memberikan efek yang sama.

Perawatan nonbedah lain untuk membantu menangani kondisi ini, bisa berupa pemberian suntikan platelet-rich plasma (PRP). Metode ini di lakukan dengan plasma darah pasien yang mengandung protein konsentrasi tinggi sehingga membantu proses penyembuhan cedera.

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer