Penanganan Nyeri Tulang Belakang Terbaik

penanganan nyeri

Penanganan nyeri tulang belakang sangat beragam. Hal ini bergantung pada kondisi pasien yang mengalaminya. Nyeri tulang belakang sendiri adalah kondisi saat tubuh bagian belakang yaitu, leher, punggung, pinggang dan juga tulang ekor mengalami sakit saat beraktivitas maupun saat sedang beristirahat. Biasanya sakit tulang belakang, banyak orang mengaitkannya dengan kebiasaan duduk yang salah, aktivitas fisik yang cukup berat hingga posisi tidur yang tidak baik. 

Umumnya seseorang yang mengalami kondisi ini juga akan merasakan sakit yang menjalar dari leher atau pinggang ke lengan ataupun kaki. Selain itu biasanya penderita juga mengalami kesemutan, kebas atau mati rasa pada lengan dan tungkai, serta adanya kelemahan pada anggota gerak tubuh bagian atas maupun bagian bawah. 

Secara spesifik, kondisi ini dapat terjadi pada area tulang belakang ataupun pada sepanjang ruas punggung. Rasa sakitnya dapat bersifat akut yang terjadi secara tiba-tiba karena kecelakaan ataupun aktivitas fisik yang berlebihan. Kondisi ini juga bisa sembuh atau pada kondisi tertentu malah bisa menetap (kronis). 

Penyebab nyeri tulang belakang 

Tubuh manusia didukung oleh tulang belakang yang terdiri dari 33 ruas tulang belakang, cakram, saraf tulang belakang dan juga serabut saraf. Untuk memaksimalkan fungsi dan kerjanya, tulang belakang juga didukung oleh tiga jenis otot. Adalah otot punggung dan otot gluteal atau extensor. Ada juga otot perut dan otot iliopsoas atau fleksor dan juga otot samping atau rotator.

Penyebab keluhan in terjadi, biasanya akibat trauma dan kecelakaan secara mendadak ataupun aktivitas fisik seseorang dalam waktu yang cukup panjang. Kegiatan fisik ini membuat serat-serat otot meregang secara abnormal sehingga terjadilah kram, menegang, terpelintir ataupun sobek.

Jika hal tersebut terjadi maka bagian otot akan mengalami peregangan karena cedera ataupun kecelakaan. Hal lain yang dapat menyebabkan otot mengalami peregangan adalah adanya aktivitas fisik yang cukup keras. Sehingga menyebabkan peradangan pada jaringan lunak di area tulang belakang. Peradangan inilah yang menyebabkan tulang belakang terasa nyeri akibat kejang otot. 

Baca Juga:  6 Cara Menjaga Tekanan Darah Normal

Selain itu, kondisi ini juga bisa akibat dari masalah saraf seperti nyeri sciatica. Saraf terjepit pada tulang belakang dapat menyebabkan sakit yang menjalar mulai dari bagian belakang tubuh ke ujung-ujung tubuh ataupun dinding dada. 

Penyebab lain dari terjadinya kondisi ini, baik pada bagian leher, punggung bagian atas maupun bagian bawah, ekor. Bisa juga berasal dari kondisi lainnya seperti, kelainan tulang belakang, degenerasi, patah tulang, hernia diskus hingga stenosis. 

Penanganan nyeri tulang belakang

Penanganan nyeri tulang belakang yang tepat dapat dapat memutus dan menghilangnya penyakit. Dokter juga akan menyarankan melakukan pemeriksaan fisik dan juga penunjang. Hal ini untuk mengetahui secara pasti penyebab nyeri tulang belakang seperti melalui rontgen dan MRI pada tulang belakang.

Lamina Pain and Spine Center adalah pilihan tepat untuk penanganan nyeri tulang belakang. One Stop Service Lamina Pain and Spine Center siap memberikan pelayanan dan juga konsultasi secara mudah atas keluhan yang kamu alami.

Menggunakan teknologi yang mutakhir, mulai dari alat endoskopi, laser, radio frekuensi dan C-arm, serta rehab medik. Menjadikan Lamina Pain Spine Center semakin lengkap untuk menjadi rujukan pemeriksaan dini, perawatan medis pada penderita nyeri tulang belakang. 

Menggunakan teknologi minimal invasif, Lamina Pain and Spine Center melakukan tindakan endoskopi PELD hanya 7mm sayatan. Hal ini bisa membuat proses recovery pada pasien menjadi lebih cepat. Penting untuk selalu memeriksakan kondisi tubuh termasuk tulang belakang agar bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer