Logo Lamina

Apakah Operasi Saraf Kejepit di Leher Aman Dilakukan?

operasi saraf kejepit di leher - Lamina Pain and Spine Center

Banyak orang yang mungkin penasaran apakah operasi saraf kejepit di leher aman dilakukan atau tidak. Sebab, leher adalah bagian yang sangat rentan mengalami risiko komplikasi jika dilakukan operasi. Untungnya, teknologi medis terus berkembang dan salah satu solusi terbaru untuk mengatasi saraf kejepit adalah operasi yang lebih minimal invasif yaitu dengan Endoskopi CESSYS Joimax.

Sebelum membahas lebih lanjut apa itu endoskopi Joimax, simak uraian singkat tentang saraf kejepit berikut ini. 

Apa Itu Saraf Kejepit?

Saraf kejepit adalah kondisi yang terjadi ketika ada tekanan berlebih pada saraf oleh jaringan di sekitarnya, seperti tulang, tulang rawan, otot, atau tendon. Gejalanya bisa bervariasi mulai dari rasa sakit yang menjalar, mati rasa, hingga kelemahan di bagian tubuh yang terhubung dengan saraf tersebut. 

Penyebab Saraf Kejepit

Berbagai faktor bisa menyebabkan saraf terjepit, yaitu:

  • Cedera atau trauma akibat kecelakaan atau olahraga
  • Sering mengangkat beban berat
  • Postur tubuh buruk seperti sering menunduk saat bermain gadget
  • Kondisi medis lain yang bisa memicu saraf kejepit seperti radang sendi atau arthritis, diabetes, dan kelainan di tulang belakang (skoliosis dan kifosis)

Diagnosis Saraf Kejepit

Diagnosis saraf kejepit diawali dengan anamnesis atau pertanyaan tentang riwayat kesehatan Anda. Selanjutnya dokter akan melakukan pemeriksaan secara komprehensif, baik pemeriksaan fisik dan tes penunjang (radiologis). Umumnya, tes radiologis ini menggunakan Rontgen, CT-Scan, dan MRI.

Baca Juga:  Penanganan Fraktur Tulang Belakang dengan Kyphoplasty

Penanganan Saraf Kejepit dengan Endoskopi CESSYS Joimax

CESSYS atau Cervical Endoscopic Surgical System dari Joimax adalah prosedur minimal invasif yang digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi tulang belakang, termasuk saraf kejepit. Teknologi ini menggunakan endoskopi, yaitu alat berbentuk tabung tipis dengan kamera khusus di ujungnya, yang dimasukkan melalui sayatan kecil sebesar 7 mm untuk memberikan pandangan langsung ke area yang mengalami masalah. Dengan bantuan endoskopi Joimax, ahli bedah dapat melakukan perbaikan dengan akurasi tinggi dan trauma yang minimal pada jaringan di sekitarnya.

Kelebihan Operasi Saraf Kejepit di Leher dengan Endoskopi CESSYS Joimax

CESSYS Joimax menawarkan berbagai kelebihan dibandingkan dengan prosedur bedah konvensional. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Minim Risiko dan Trauma: Karena hanya memerlukan sayatan kecil, risiko infeksi dan perdarahan sangat minimal. Jaringan di sekitar saraf juga lebih sedikit mengalami kerusakan.
  2. Waktu Pemulihan Lebih Cepat: Pasien yang menjalani operasi endoskopi Joimax biasanya bisa pulang pada hari yang sama atau setelah beberapa hari. Waktu pemulihan yang lebih singkat memungkinkan pasien kembali ke aktivitas normal lebih cepat.
  3. Mengurangi Rasa Sakit Pasca Operasi: Rasa sakit yang dialami setelah operasi biasanya lebih ringan dibandingkan dengan bedah konvensional, karena sayatan yang lebih kecil dan trauma yang minimal.
  4. Presisi Tinggi: Teknologi endoskopi memungkinkan ahli bedah melihat area yang bermasalah dengan sangat jelas, sehingga meningkatkan akurasi selama operasi dan mengurangi risiko komplikasi.

Siapa Saja yang Bisa Menjalani Operasi Ini?

Endoskopi Joimax cocok untuk pasien yang mengalami saraf kejepit dan tidak mendapatkan perbaikan dengan perawatan non-bedah seperti obat-obatan, terapi suntikan atau fisioterapi. 

Pada penderita diabetes atau orang yang berusia lanjut, endoskopi Joimax dapat dilakukan karena lebih aman dan minim risiko komplikasi pasca tindakan. Namun, tetaplah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran apakah endoskopi joimax cocok untuk kondisi kesehatan Anda. 

Baca Juga:  Waspadai Bahaya Skoliosis yang Tidak Ditangani dengan Baik

Silakan lakukan pemeriksaan dan jangan tunda sampai nyeri terasa sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas harian Anda. Untuk membuat janji pemeriksaan atau konsultasi dengan dokter, hubungi Klinik Lamina melalui chat di nomor whatsapp 0811-1443-599. Lamina juga menyediakan layanan telekonsultasi langsung dengan dokter melalui Video Call WA untuk memudahkan Anda yang terkendala jarak untuk datang ke klinik kami. 

Frequently Asked Question (FAQ)

Apa itu saraf kejepit?

Saraf kejepit adalah kondisi yang terjadi ketika ada tekanan berlebih pada saraf oleh jaringan di sekitarnya, seperti tulang, tulang rawan, otot, atau tendon. Gejalanya bisa bervariasi mulai dari rasa sakit yang menjalar, mati rasa, hingga kelemahan di bagian tubuh yang terhubung dengan saraf tersebut. 

Bagaimana penanganan saraf kejepit di leher?

Penanganan saraf kejepit leher dapat dilakukan dengan metode CESSYS. CESSYS atau Cervical Endoscopic Surgical System dari Joimax adalah prosedur minimal invasif yang efektif dalam mengatasi berbagai kondisi tulang belakang, termasuk saraf kejepit.

Apa keunggulan CESSYS dari Joimax?

CESSYS memiliki berbagai keunggulan, yaitu bukan merupakan operasi bedah terbuka, waktu tindakan relatif singkat, minim risiko komplikasi pasca tindakan, tingkat keberhasilan tinggi dan proses pemulihan cepat.

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer