Logo Lamina

Keluhan Nyeri Pinggang Kini Dapat Diatasi dengan Epidural Steroid Injection (ESI)

nyeri pinggang

Nyeri pinggang adalah keluhan yang sering dialami oleh banyak orang, terutama oleh orang tua. Meski demikian, kondisi ini juga bisa terjadi pada orang yang berusia muda akibat beberapa hal. Misalnya, cedera olahraga, terjatuh, atau karena penyakit tertentu seperti radang sendi (arthritis). Pengobatan untuk mengatasi nyeri pinggang pun beragam, mulai dari perawatan rumahan, fisioterapi, hingga teknik manajemen nyeri seperti ESI. ESI atau Epidural Steroid Injection biasanya banyak digunakan untuk mengatasi nyeri pinggang kronis. 

Apa itu Epidural Steroid Injection (ESI)?

Epidural Steroid Injection (ESI) adalah terapi pengobatan dengan cara menyuntikkan steroid atau kortikosteroid ke area saraf tulang belakang atau epidural. ESI dapat mengatasi nyeri akibat iritasi dan inflamasi pada akar saraf tulang belakang. Dokter biasanya menggunakan ESI sebagai terapi pengobatan untuk nyeri kronis di area leher, punggung, maupun pinggang. Terapi ini dapat mengurangi nyeri hingga beberapa bulan. 

ESI berbeda dengan anestesi atau analgesia epidural yang dokter berikan saat persalinan atau tindakan operasi tertentu. Jenis injeksi epidural tersebut termasuk pemberian obat bius ke area tulang belakang untuk memberikan rasa kebas atau mati rasa di bagian tubuh tertentu sebelum dokter melakukan tindakan.

Bagaimana Cara Kerja ESI?

Dokter akan melakukan prosedur ESI dengan terlebih dahulu mendiagnosis penyakit. Kemudian obat steroid akan disuntikkan ke area epidural di sekitar sumsum tulang belakang. Teknik penyuntikkan ini akan disesuaikan dengan lokasi nyeri, misalnya apakah itu di leher, toraks ataupun lumbar, dan dengan jalur masuknya jarum suntik, yaitu interlaminar, transforaminal, dan caudal. 

Baca Juga:  Beberapa Gejala HNP Berdasarkan Lokasi Nyeri

Dengan ESI, steroid akan melapisi saraf yang teriritasi yang menyebabkan rasa nyeri dan bekerja untuk mengurangi peradangan serta tekanan pada saraf. ESI dapat meredakan nyeri dalam sementara waktu, namun pada beberapa kasus, penderita juga merasakan nyeri yang membaik dalam jangka waktu lama. 

Apa Saja Kelebihan ESI?

  • Mengurangi nyeri dan inflamasi (peradangan). Steroid dapat menurunkan produksi zat kimia yang menyebabkan peradangan dan mengurangi sensitivitas saraf untuk mengirimkan sinyal nyeri. 
  • Mengurangi konsumsi obat-obatan. Injeksi steroid dapat membantu membatasi atau mengurangi obat oral yang jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya. 
  • Menunda operasi. Pada beberapa orang dengan kondisi medis tertentu, dokter biasanya tidak menyarankan operasi. Oleh karena itu, ESI dapat membantu menghindari terapi intervensi nyeri seperti tindakan operasi.

Apabila Anda memiliki keluhan nyeri pinggang kronis, segeralah berkonsultasi dengan dokter kami di Lamina Pain and Spine Center. Dokter akan membantu mengelola gejala dengan memberikan pengobatan minimal invasif seperti ESI. Anda bisa menghubungi tim Assistance Center Lamina di nomor 021-7919-6999 atau chat via whatsapp di 0811 1443 599.

Untuk melihat jadwal dokter, silakan klik di sini. Yuk, konsultasi sekarang!

Baca juga: Jangan Anggap Enteng Nyeri Pinggang, Bisa Jadi Saraf Kejepit!

Referensi: 

Cleveland Clinic. Epidural Steroid Injection (ESI). Accessed on April 18, 2023,

https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/

Spine Health. Lumbar Epidural Steroid Injections for Low Back Pain and Sciatica. Accessed on April 18, 2023,

https://www.spine-health.com/treatment/injections/lumbar-epidural-steroid-injections-low-back-pain-and-sciatica

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa itu Epidural Steroid Injection (ESI)?

Bagaimana Prosedur Epidural Steroid Injection (ESI)?

Dokter akan melakukan prosedur ESI dengan terlebih dahulu mendiagnosis penyakit. Kemudian obat steroid akan disuntikkan ke area epidural di sekitar sumsum tulang belakang. Teknik penyuntikkan ini akan disesuaikan dengan lokasi nyeri.

Apa Kelebihan ESI?

Beberapa kelebihan dari tindakan ESI, diantaranya:

  1. Mengurangi nyeri dan inflamasi (peradangan)
  2. Mengurangi konsumsi obat-obatan
  3. Menunda operasi
Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer