Waspada Nyeri Pinggang Sebelah Kiri, Bisa Jadi Tanda Penyakit - Lamina Pain and Spine Center
preloader
Edit

Event Bebas Nyeri

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Waspada Nyeri Pinggang Sebelah Kiri, Bisa Jadi Tanda Penyakit

  • Home
  • -
  • Blog
  • -
  • Waspada Nyeri Pinggang Sebelah Kiri, Bisa Jadi Tanda Penyakit
 Waspada Nyeri Pinggang Sebelah Kiri, Bisa Jadi Tanda Penyakit

Nyeri pinggang sebelah kiri bisa terjadi karena berbagai hal. Kondisi ini umumnya terjadi akibat gerakan tiba-tiba atau karena posisi tubuh yang tidak baik saat mengangkat benda berat. Selain karena gerakan tubuh yang salah, nyeri pinggang sebelah kiri juga bisa terjadi karena gangguan kesehatan tertentu. Melansir dari Heatline (2021), penyebab terjadinya nyeri pinggang sebelah kiri, karena beberapa kondisi. Seperti: 

Terjadinya otot tegang 

Otot tegang terjadi akibat melakukan aktivitas berat yang melibatkan gerakan punggung dan bisa membuat otot tertarik. Pada kondisi terburuk bahkan bisa terjadi luka atau robek pada otot punggung. Gejala umum terjadinya tegang otot adalah akibat rasa sakit dan kaku pada bagian pinggang. Kondisi ini bisa membaik saat pasien menjalani tindakan fisioterapi atau pada kondisi ringan yaitu dengan beristirahat

Skiatika

Skiatika adalah kondisi tertekannya bagian saraf pada tulang belakang dan juga saraf tungkai. Kondisi ini bisa terjadi akibat adanya pergeseran bantalan pada saraf tulang belakang atau akibat gangguan yang terjadi pada tulang punggung. Akibat dari kondisi ini saraf menjadi terjepit dan timbul nyeri pada pasien. Ciri umum terjadinya skiatika adalah timbul rasa kesemutan yang luar biasa dari bagian pinggang kiri atau bagian kanan hingga tungkai dan juga bagian kaki. 

Stenosis spinal 

Penyempitan tulang belakang akibat tertekannya saraf tulang belakang atau stenosis spinal menyebabkan pasien merasakan, kebas, kram, dan kelemahan pada bagian tubuh. Kondisi stenosis spinal bisa menyebabkan pasien atau penderita mengalami kesulitan berjalan. Stenosis spinal terjadi akibat kondisi penuaan tulang. Semakin bertambahnya umur dan usia tulang, menyebabkan bantalan bagian saraf tulang belakang tertekan dna menyebabkan munculnya nyeri. 

Gangguan ginjal

Ginjal terletak pada bagian pinggang manusia. Jadi ketika ginjal bermasalah, maka bisa menyebabkan nyeri pada bagian pinggang. Gangguan nyeri pada ginjal umumnya menimbulkan nyeri pada tulang rusuk bagian bawah dan panggul. 

Cedera fisik

Nyeri pinggang sebelah kiri juga bisa terjadi akibat cedera fisik. Misalnya akibat tulang panggul atau kerusakan yang terjadi pada otot dan juga tulang pada area pinggang sebelah kiri. Keluhan ini baru akan terasa setelah terjadinya cedera. 

Pada wanita munculnya nyeri pinggang bagian kiri bisa terjadi akibat adanya penyakit kista ovarium, endometriosis, terjadinya pertumbuhan jaringan fibroid pada rahim, dan juga saat hamil. 

Waspada nyeri pinggang sebelah kiri, bisa jadi tanda penyakit

Nyeri pinggang bagian kiri bisa terjadi karena berbagai faktor. Kebiasaan mengangkat beban terlalu berat, sehingga kurang minum juga bisa menjadi penyebab nyeri pinggang. Nyeri pinggang sebelah kiri atau nyeri pinggang pada umumnya tidak bisa dianggap sepele. Bisa jadi, tanda bahwa terdapat beberapa masalah kesehatan tertentu. Mengutip dari Spine-Health (2021), menyebutkan jika keluhan ini bisa merupakan tanda dari penyakit, seperti: 

Peradangan sendi pada area pinggul 

Bisa terjadi akibat peradangan sendi pada area pinggul. Kondisi ini terjadi akibat jaringan yang menyambung tulang mengalami masalah. Selain itu kondisi nyeri pinggang juga bisa terjadi akibat rusaknya jaringan pada area pinggul. Akibat peradangan sendi pada area pinggul, umumnya penderita akan merasakan pembengkakan yang membuat pasien mengalami kesulitan bergerak. 

Masalah pada kesehatan reproduksi 

Nyeri pinggang juga bisa menjadi gejala yang mengarah pada sistem reproduksi. Gangguan ini biasanya terjadi pada wanita dengan keluhan endometriosis atau fibroid. Kedua kondisi ini biasanya berkaitan dengan bagian rahim. 

Apendisitis 

Apendisitis adalah peradangan yang terjadi pada usus buntu. Kondisi apendisitis atau usus buntu memiliki gejala sakit pinggang sebelah kiri yang sering tiba-tiba terjadi. Dalam kondisi yang cukup serius, penyakit usus buntu sangat membahayakan karena bisa menghilangkan nyawa penderita. Usus buntu memang berada pada bagian kanan tubuh, namun bukan tidak mungkin jika kondisi ini juga bisa menjalar ke bagian kiri perut. 

Batu ginjal 

Penyakit batu ginjal juga bisa menjadi penyebab nyeri pinggang sebelah kiri. Nyeri yang timbul bisa terjadi ketika batu ginjal bergerak menuju ginjal melalui ureter. Selain nyeri pinggang penderita batu ginjal juga umumnya mengalami kencing darah. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Tutup

©2020, Lamina Pain and Spine Center. Media All Rights Reserved.

PT Sejahtera Berkah Medika

    Daftar Online