Mengenal Apa Itu Logam Berat Dalam Tubuh

logam berat

Logam berat merupakan unsur yang secara alami ada di dalam bumi dan umumnya digunakan untuk pertanian, kedokteran maupun industri. Namun, ternyata tubuh kita juga mengandung beberapa logam berat, seperti zat besi, zinc (seng), dan tembaga  dalam jumlah yang cukup dan tidak berbahaya. 

Pencemaran terhadap lingkungan sangat erat hubungannya dengan penggunaan berbagai bahan tersebut untuk kebutuhan hidup manusia. Misalnya, ketika industri yang menggunakannya membuang limbahnya tanpa memperhatikan keselamatan lingkungan di sekitarnya. Sehingga, hal ini dapat mencemari air, tanah, ataupun udara.

Mengapa Logam Berat Bisa Masuk Ke Dalam Tubuh? 

Tubuh kita juga bisa terpapar logam berat bukan hanya karena menghirup udara yang tercemar. Sumber lainnya yaitu dari asupan makanan, seperti sayuran dan buah-buahan yang tercemar, daging ternak yang makan tumbuhan yang terpapar, atau makanan dan minuman dalam kemasan yang juga mengandung unsur beracun di dalamnya.

Hal ini perlu diperhatikan sebab terlalu banyak senyawa yang masuk ke dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit berbahaya. Tanaman yang tercemar dari tanah bisa mengakumulasikan logam berat tersebut ke semua bagian seperti akar,batang, daun, dan buahnya. 

Jenisnya

Logam berat biasanya mengandung unsur metaloid yang memiliki sifat berbahaya bagi tubuh. Ada beberapa contoh yang beracun bagi tubuh manusia, yaitu: 

  • Arsen (As)
  • Merkuri (Hg)
  • Timbal (Pb)
  • Kadmium (Cd)
  • Tembaga (Cu)
  • Nikel (Ni)

Bahaya yang Harus Diwaspadai

Dalam konsentrasi tinggi, logam berat yang masuk ke dalam organ tubuh bisa berubah menjadi racun dan dapat merusak jaringan tubuh dengan sangat cepat. Berikut adalah beberapa penyakit yang bisa timbul, antara lain: 

Baca Juga:  Puasa Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Saraf

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jika tubuh Anda sudah keracunan logam berat, maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan terapi kelasi (chelation). Terapi ini bekerja dengan cara mengikat mineral dalam darah untuk dikeluarkan dari tubuh. Keluarnya racun ini adalah melalui urin.

Dokter dapat memberikan terapi ini secara oral, namun umumnya diberikan melalui infus. Lamanya terapi ini berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Dokter akan menyesuaikan terapi dengan kondisi medis, usia, berat badan, dan riwayat penyakit yang pasien derita. 

Jika Anda ingin hidup lebih sehat dan bebas dari racun, segeralah berkonsultasi dengan dokter kami di Lamina Wellness untuk penanganan yang tepat. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang terapi kelasi ini, hubungi Assistance Center kami di nomor 021-7919-6999 atau chat melalui whatsapp di 0811-1443-599.

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer