Manfaat Olahraga Tabata Bagi Kesehatan - Lamina Pain and Spine Center
preloader
Edit

Event Bebas Nyeri

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Manfaat Olahraga Tabata Bagi Kesehatan

  • Home
  • -
  • Blog
  • -
  • Manfaat Olahraga Tabata Bagi Kesehatan
 Manfaat Olahraga Tabata Bagi Kesehatan

Tabata adalah jenis olahraga yang diperkenalkan oleh  dr. Izumi Tabata, ilmuwan asal Jepang dari National Institute of Fitness and Sport di Kagoshima. Tabata termasuk dalam latihan interval intensitas tinggi  untuk meningkatkan kebugaran dan performa olahraga.

Olahraga ini cukup populer di masyarakat karena memiliki waktu olahraga yang cukup singkat hanya 4 menit dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Apa saja manfaat olahraga Tabata ini?

1. Hemat waktu

Olahraga Tababata hanya memerlukan waktu 4 menit saja, berbeda dengan kebanyakan jenis olahraga yang memerlukan waktu 39 – 60 menit. Olahraga ini cocok untuk kamu yang super sibuk dan tidak sempat datang ke gym atau olahraga lainnya.

Mengingat olahraga ini termasuk latihan interval intensitas tinggi, jadi tidak boleh dilakukan sembarangan dan ada aturannya. Olahraga ini terbagi menjadi delapan set untuk setiap 4 menit.

Namun, melakukan tabata ada aturannya. Beberapa gerakan yang bisa kamu lakukan saat latihan Tabata adalah sit up, push up, squat jump, atau lompat tali.

2. Sangat efektif bakar lemak

Olahraga ini memang didesain untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh saat sedang membakar lemak. Olahraga ini mamun membakar lemak lebih banyak daripada aerobik.

3. Menguatkan dan menambah massa otot

Manfaat lain dari olahraga ini adalah dapat membantu memperkuat dan menambah massa otot.

4. Meningkatkan stamina tubuh

Hasil dari penelitian dr. Izumi Tabata menunjukkan,  bahwa jenis olahraga  berintensitas tinggi dengan waktu istirahat yang lebih singkat bisa meningkatkan kapasitas aerobik lebih.  Kamu pun bisa beraktivitas harian dengan lancar dan tidak mudah lelah.

Yang harus diperhatikan sebelum olahraga tabata

Meski manfaatnya baik bagi kesehatan, olahraga ini tidak cocok untuk semua orang, misalnya dengan radang sendi. Hal ini berkaitan dengan  aktivitas fisik berintensitas tinggi. Artinya, kamu pelu mengeluarkan segala kemampuan dan kekuatan semaksimal mungkin. Jadi, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter.

Itulah mengapa, hanya orang-orang yang telah memiliki kebugara tinggi. Sebelum olahraga, jangan lupa melakukan peregangan untuk mencegah terjadi cedera.

Bagi kamu yang masih pemula bisa hanya melakukan satu sesi saja, numun jika sudah tebiasa bisa meningkatkannya. Sebaiknya juga lakukan sebanyak 1 sampai 2 dalam satu minggu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Tutup

©2020, Lamina Pain and Spine Center. Media All Rights Reserved.

PT Sejahtera Berkah Medika

    Daftar Online