Logo Lamina

Teknologi Laser PLDD untuk Mengatasi Nyeri Pinggang Kronis

laser untuk mengatasi nyeri pinggang - Lamina Pain and Spine Center

Seiring kemajuan teknologi di bidang kedokteran, metode laser PLDD terbukti efektif untuk mengatasi nyeri pinggang kronis. Nyeri pinggang dapat disebabkan oleh cedera pada otot atau tendon di area pinggang. Penyebab lainnya yaitu arthritis, masalah struktur tulang belakang, ataupun gangguan saraf tulang belakang. Keluhan tersebut umumnya dapat membaik dengan beristirahat, terapi fisik, ataupun obat-obatan. Namun, pada gejala yang tak kunjung sembuh dalam waktu lama, maka terapi pengobatan lainnya diperlukan.

Salah satu terapi minimal invasif tanpa operasi yang kini sudah banyak digunakan, yaitu dengan teknologi PLDD. Apa itu PLDD dan bagaimana efektivitasnya dalam penyembuhan nyeri pinggang? Simak ulasan berikut.

Mengenal Apa Itu PLDD

Nyeri pinggang kronis karena adanya gangguan saraf tulang belakang dapat tertangani dengan PLDD. Misalnya, Anda mengalami saraf kejepit yang semakin memburuk seiring waktu namun mengidap penyakit tertentu sehingga tidak dapat menjalani tindakan operasi. Pada kasus ini, maka penanganan dengan PLDD adalah solusi terbaik.

PLDD atau Percutaneous Laser Disc Decompression adalah tindakan minimal invasif yang menggunakan metode penciutan bantalan tulang atau cakram tulang belakang yang menekan saraf. Teknik ini menggunakan sinar laser yang disuntikkan ke area tonjolan bantalan tulang tersebut. Dengan panduan C-arm berteknologi tinggi, PLDD terbukti lebih aman dengan tingkat akurasi dan tingkat keberhasilan mencapai hingga 95%. 

Prosedur PLDD

Berikut ini adalah tahapan pada prosedur PLDD, yaitu: 

  • Pasien tetap tersadar selama tindakan karena hanya menggunakan bius lokal di area penyuntikkan
  • Tidak perlu berpuasa sebelum tindakan
  • Posisi tubuh tengkurap di atas meja operasi 
  • Dokter akan memberikan tanda pada titik-titik penyuntikan (1/2/3 level) 
  • Dengan panduan alat C-arm selama tindakan berlangsung
  • Mulai memasukan jarum suntik ke arah bantalan tulang dengan pemberian kontras
  • Proses heating hingga 1200 Joule di area pinggang yang terkena saraf kejepit dengan panjang gelombang yang akan dokter sesuaikan
  • Prosedur selesai dan pasien tidak perlu rawat inap
Baca Juga:  Skoliosis Adalah Kelainan Lengkungan Tulang Belakang

Keunggulan PLDD

Laser PLDD memiliki berbagai keunggulan yang bisa menjadi pertimbangan dan pilihan terbaik untuk mengatasi nyeri pinggang Anda, antara lain:

  • Bukan tindakan pembedahan
  • Merupakan prosedur minimal invasif
  • Lebih aman dan efektif
  • Risiko komplikasi seperti perdarahan minimal
  • Hanya bius lokal
  • Tidak ada luka sayatan hanya titik penyuntikkan
  • Tanpa rawat inap setelah observasi dokter pasca tindakan
  • Dapat langsung pulang dan beraktivitas jika tidak ada keluhan

Teknologi PLDD tersedia di Lamina Pain and Spine Center, pusat pelayanan kesehatan yang khusus menangani masalah nyeri dan tulang belakang. Jika Anda memiliki keluhan nyeri pinggang kronis, jangan pernah abaikan gejalanya. Menunda pengobatan hanya akan menambah rasa nyeri sehingga aktivitas pun jadi terganggu. Segera berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah saraf kami dengan menghubungi nomor 021-7919-6999 atau chat via whatsapp ke 0811 1443 599.

Lamina juga menyediakan layanan konsultasi online untuk memudahkan Anda yang terkendala jarak untuk berkonsultasi dengan dokter kami. Selain itu, layanan ambulans selalu siap dalam menyediakan transportasi pasien dari dan menuju klinik Lamina. 

Yuk, konsultasi sekarang!

Baca juga: Saraf Kejepit di Pinggang Lenyap Hanya Dalam 30 Menit dengan Laser PLDD

Referensi:

National Library of Medicine. Percutaneous laser disc decompression (PLDD): twelve years’ experience with 752 procedures in 518 patients. Akses pada 6 April 2023, https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/10204439/

John Hopkins Medicine. ​​Lower Back Pain: What Could It Be?. Akses pada 6 April 2023, https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/back-pain/lower-back-pain-what-could-it-be

Semoga bermanfaat!

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa itu PLDD?

Bagaimana Keunggulan PLDD dalam Mengatasi Nyeri Pinggang?

Beberapa keunggulan yang dapat menjadi pertimbangan Anda, diantaranya:

  1. Bukan tindakan pembedahan
  2. Merupakan prosedur minimal invasif
  3. Tidak ada luka sayatan
  4. Tanpa rawat inap
  5. Dapat langsung pulang dan beraktifitas

Mengapa PLDD Direkomendasikan untuk Penyembuhan Nyeri Pinggang Kronis?

PLDD merupakan solusi terbaik jika Anda mengalami saraf kejepit yang semakin memburuk seiring waktu namun mengidap penyakit tertentu sehingga tidak dapat menjalani tindakan operasi.

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer