Logo Lamina

Berapa Kisaran Biaya Operasi Saraf Kejepit dengan Prosedur PLDD?

Berapa Kisaran Biaya Operasi Saraf Kejepit dengan Prosedur PLDD - Lamina Pain and Spine Center

Mungkin banyak dari Anda yang penasaran dengan kisaran biaya operasi saraf kejepit dengan PLDD. PLDD atau Percutaneous Laser Disc Decompression adalah metode terkini yang efektif untuk mengatasi nyeri akibat saraf kejepit. Biasanya prosedur ini dilakukan di klinik atau rumah sakit yang dikerjakan oleh dokter spesialis bedah berpengalaman. 

Sebelum membahas lebih lanjut berapa biaya untuk tindakan PLDD ini, simak penjelasan singkat berikut tentang saraf kejepit.

Apa itu Saraf Kejepit? 

Saraf kejepit adalah kondisi medis yang terjadi akibat adanya tekanan berlebih pada saraf oleh jaringan di sekitarnya. Tekanan  berlebih ini yang pada akhirnya menimbulkan berbagai gejala.

Gejala saraf kejepit mencakup rasa nyeri tajam dan menjalar, kebas, kesemutan, hingga kelemahan otot di area tubuh yang terkena. Apabila tidak ditangani dengan baik, saraf kejepit dapat menyebabkan kerusakan saraf permanen, kelumpuhan, dan bahkan kematian. 

Penyebabnya antara lain cedera, postur tubuh yang buruk, mengangkat beban berat dengan tumpuan yang salah, hingga kondisi medis seperti radang sendi, diabetes, maupun skoliosis. 

Pengobatan Konvensional untuk Saraf Kejepit

Sebelum PLDD menjadi populer, pengobatan untuk saraf kejepit umumnya melibatkan terapi fisik, obat anti-inflamasi, atau bahkan pembedahan konvensional. Meskipun metode-metode ini juga bisa efektif, mereka memiliki keterbatasan seperti waktu pemulihan yang lama dan risiko komplikasi yang cukup tinggi. 

Pengobatan Terkini dengan Laser PLDD

Percutaneous Laser Disc Decompression (PLDD) adalah prosedur minimal invasif yang menggunakan laser untuk mengurangi tekanan pada cakram intervertebral atau jaringan lain yang menekan saraf. Dengan menggunakan panduan alat C-Arm Radiography Fluoroscopy, dokter akan memasukkan jarum ke dalam cakram yang bermasalah dan kemudian mengarahkan sinar laser untuk mengempiskan atau menciutkan sebagian kecil dari inti cakram. Proses ini mengurangi tekanan dan memungkinkan saraf untuk pulih.

Baca Juga:  Kenali Gejala Saraf Kejepit Sebelum Terlambat

Prosedur PLDD untuk Saraf Kejepit

  • Persiapan: Sebelum prosedur, Anda akan menjalani serangkaian tes pemeriksaan untuk memastikan PLDD adalah pilihan yang tepat.
  • Pelaksanaan: Prosedur dilakukan dengan bius lokal, dan biasanya memakan waktu sekitar satu jam. Dokter akan menggunakan panduan sinar X untuk memasukkan jarum kecil ke dalam diskus yang mengalami herniasi. Laser kemudian digunakan untuk menguapkan sebagian dari nukleus pulposus (bagian dalam diskus), sehingga mengurangi tekanan pada saraf yang terjepit.
  • Perawatan Pasca-Prosedur: Anda mungkin merasakan ketidaknyamanan ringan yang bisa diatasi dengan obat pereda nyeri. Aktivitas normal dapat dilanjutkan secara bertahap dalam beberapa minggu.

Kelebihan PLDD

PLDD memiliki berbagai keunggulan, seperti waktu tindakan relatif singkat, merupakan prosedur minimal invasif, risiko komplikasi rendah, waktu pemulihan cepat, dan tanpa rawat inap. 

Pasca tindakan, biasanya Anda bisa langsung pulang setelah hasil observasi dokter nyatakan tidak ada komplikasi. Anda bisa langsung kembali beraktivitas, namun tetap hindari aktivitas berat yang dapat memperburuk kondisi.

Biaya Operasi Saraf Kejepit dengan PLDD

Biaya operasi PLDD bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk tempat pelayanan dilakukan tindakan, misalnya di rumah sakit atau klinik, pengalaman dan reputasi dokter bedah, serta fasilitas yang digunakan. Secara umum, biaya yang perlu dipertimbangkan meliputi:

  1. Konsultasi Awal: Biaya untuk konsultasi awal dengan dokter spesialis neurologi atau dokter spesialis bedah saraf. Konsultasi ini penting untuk memastikan diagnosis yang tepat dan menentukan apakah PLDD adalah pilihan yang tepat bagi pasien.
  2. Biaya Prosedur: Ini adalah biaya utama yang mencakup penggunaan laser, panduan sinar X, dan peralatan medis lainnya yang digunakan selama operasi. Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada teknologi yang digunakan dan kompleksitas kasus.
  3. Anestesi: Biaya anestesi lokal yang digunakan selama prosedur. Anestesi lokal lebih murah dibandingkan dengan anestesi umum karena tidak memerlukan pengawasan ketat pascaoperasi.
  4. Biaya Rumah Sakit/Klinik: Ini mencakup biaya penggunaan fasilitas rumah sakit atau klinik, termasuk ruang operasi, perawatan pasca operasi, dan rawat inap jika diperlukan. Namun, karena PLDD adalah prosedur minimal invasif, rawat inap biasanya tidak diperlukan atau hanya sebentar.
  5. Rehabilitasi dan Follow-Up: Setelah operasi, pasien mungkin memerlukan sesi fisioterapi atau konsultasi lanjutan untuk memastikan pemulihan yang optimal. Biaya ini juga perlu diperhitungkan dalam total biaya operasi.
Baca Juga:  Berapa Biaya Operasi HNP?

Estimasi Biaya

Untuk mengetahui estimasi biaya konsultasi, tindakan maupun pasca tindakan, Anda bisa menghubungi tim Assistance Center kami di Klinik Lamina. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kami yang berpengalaman dengan Chat ke nomor Whatsapp 0811-1443-599.

Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan Anda tentang estimasi biaya untuk penanganan saraf kejepit dengan metode PLDD. 

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Itu PLDD?

PLDD atau Percutaneous Laser Disc Decompression adalah metode terkini yang efektif untuk mengatasi nyeri akibat saraf kejepit. Biasanya prosedur ini dilakukan di klinik atau rumah sakit yang dikerjakan oleh dokter spesialis bedah berpengalaman. 

Bagaimana Prosedur PLDD?

Prosedur PLDD untuk saraf kejepit meliputi:

  1. Persiapan berupa menjalani rangkaian tes pemeriksaan
  2. Pelaksaan prosedur laser PLDD
  3. Perawatan pasca-prosedur
Apa Kelebihan Prosedur PLDD?

PLDD memiliki berbagai keunggulan, seperti waktu tindakan relatif singkat, merupakan prosedur minimal invasif, risiko komplikasi rendah, waktu pemulihan cepat, dan tanpa rawat inap. 

***

Feature photo by actiongp from Freepik

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer