Beberapa Gejala HNP Berdasarkan Lokasi Nyeri

gejala hnp

Gejala HNP perlu kita ketahui dan waspadai karena jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat bisa berisiko kelumpuhan.

HNP atau saraf terjepit dapat menyebabkan penderitanya mengalami nyeri punggung bagian bawah yaitu area pinggang, sakit pada bagian punggung atas, atau nyeri pada bagian leher, bergantung pada lokasi terjadinya saraf terjepit.

Pada kasus yang cukup ringan, gejala HNP bisa hilang dengan sendirinya. Namun, juga bisa berlangsung selama durasi waktu yang tidak sebentar, dokter biasanya akan memberikan beberapa jenis pengobatan bergantung pada tingkat keparahannya. 

Gejala HNP 

Pada kasus yang cukup sederhana, misalnya penderita tidak mengalami pergeseran bantalan yang tidak sampai menjepit saraf, maka penderitanya hanya akan merasakan nyeri punggung ringan atau tidak terasa sama sekali. 

Namun, jika hernia yang terjadi dan menyebabkan tekanan serta menjepit tulang belakang, maka gejala yang muncul bisa bergantung dengan lokasi dan juga banyaknya saraf yang menjepit. Akibat kondisi ini maka penderita akan mengalami nyeri pada bagian punggung kanan, kiri atau bahkan bisa keduanya dan menjalar hingga bagian kaki dan juga paha. 

Mengutip dari American Association of Neurological Surgeons (2019) berikut adalah beberapa gejala HNP berdasarkan lokasi yang penderita banyak rasakan.

1. Gejala HNP Pada Leher

Saraf terjepit leher disebut juga sebagai HNP Servikal. Gejalanya, yakni:

  1. Nyeri pada bagian leher dan bahu yang menjalar hingga lengan, 
  2. Kesemutan, kaku otot dan juga lemah pada salah satu bagian lengan, 
  3. Sensasi terbakar pada bagian leher, bahu dan juga lengan. 
2. Gejala HNP pada punggung bawah 

Gejala HNP lumbal atau saraf terjepit punggung bawah, yakni:

  1. Sakit pada bagian punggung saat bergerak, terkadang sakit yang muncul hingga bagian tulang ekor, 
  2. Nyeri yang menusuk pada area bokong yang menjalar hingga bagian salah satu tungkai. 
  3. Terjadinya kesemutan atau lemah otot pada tungkai. 
Baca Juga:  Hati-hati, Begini Efek Saraf Kejepit Jika Dibiarkan dan Tidak Segera Ditangani!

Kondisi ini bisa menghambat aktivitas harian penderita. Penderita jadi mengalami kesulitan untuk menahan buang air kecil. 

Kapan harus ke dokter?

Penderita perlu memeriksakan diri ke dokter jika nyeri tidak kunjung hilang, menjalar ke bagian tungkai hingga menyebabkan lemah otot pada bagian tungkai. Selain itu saat punggung terasa nyeri luar biasa hingga menyebabkan penderita tidak bisa menahan buang air kecil. Penanganan HNP juga perlu serius untuk menghindari terjadinya komplikasi pada penderita, seperti, mengalami kesulitan buang air besar, lumpuh hingga terjadinya cedera lain. 

Salah satu jenis pengobatan untuk mengurangi gejala HNP adalah dengan melakukan fisioterapi. Melakukan fisioterapi dan juga konsultasi dengan dokter rehab medik untuk mendapatkan program terapi yang tepat dan juga untuk mengetahui evaluasi hasil dari fisioterapi pada penderita HNP. 

Penyebab HNP

Penyebab HNP umumnya karena terjadi pelemahan pada jaringan bantalan tulang belakang. Hal ini terjadi karena beberapa faktor seperti bertambahnya usia, berkurangnya kelenturan bantalan tulang belakang, hingga cedera. HNP juga bisa terjadi karena kecelakaan, terjatuh atau akibat benturan keras pada tulang belakang hingga menyebabkan tulang belakang bergeser. 

Selain itu ada beberapa faktor lain yang meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami penyakit HNP dikutip dari Web MD (2020), seperti: 

  1. Faktor keturunan, 
  2. Kelebihan berat badan, 
  3. Melakukan aktivitas berat dengan posisi tubuh yang salah, 
  4. Melakukan kegiatan menunduk atau berputar secara berulang dan mendadak, 
  5. Kebiasaan buruk merokok. 
Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer