Berapakah Biaya Operasi Saraf Kejepit?

biaya operasi hnp

Biaya operasi saraf kejepit sangat bervariasi bergantung dari teknik operasi yang dilakukan. Nah, bagi kamu yang ingin melakukan tindakan ini, sebaiknya tanyakan lebih dulu estimasi biaya tindakan, serta biaya lain di luar tindakan operasi. Misalnya, biaya kamar (rawat inap) atau perlu adanya penggunaan alat khusus. Persiapkan juga dana tambahan, sekitar 10 – 20% dari biaya operasi, untuk biaya tidak terduga.

Apa itu operasi saraf kejepit?

Saraf kejepit atau HNP (hernia nucleus pulposus) merupakan sebuah kondisi ketika bantalan antar tulang belakang menonjol, sehingga menekan saraf sekitarnya. Umumnya HNP ini terjadi pada bagian punggung bawah dan leher.

Nah, tujuan dari tindakan operasi ini untuk mengurangi penekanan pada saraf tersebut dengan indikasi berupa:

  • Tidak ada perubahan setelah enam minggu atau lebih setelah pemberian terapi obat dan/atau menjalani fisioterapi.
  • Muncul gejala berupa kelemahan bagian tubuh tertentu, gangguan sensorik, sulit bergerak , tidak dapat mengontrol buang air kecil atau buang air besar.

Berapa biaya operasi saraf kejepit?

Untuk biaya operasi saraf kejepit bervariasi ada yang mulai dari puluhan juta hingga ratusan juta bergantung pada teknik yang digunakan. Selain itu tempat melakukan operasi juga bisa menentukan, misalnya rumah sakit atau klinik, atau melakukannya di luar negeri atau dalam negeri. Jika kamu memilih melakukan di rumah sakit luar negeri tentunya biayanya akan jauh lebih mahal. Teknik, lokasi dan terakhir perawatan, apakah kamu perlu melakukan rawat inap atau tidak dan fisioterapi pasca-tindakan. Oleh sebab itu, sebaiknya cari informasi terlebih dahulu sebelum memutuskan melakukan operasi.

Baca Juga:  Anda Tiba-tiba Mengalami Nyeri Dada? Awas, Bisa Jadi Gejala GERD

Apa saja gejala syaraf terjepit?

Gejala yang paling sering terjadi adalah nyeri. Namun, jika bersifat ringan biasanya tidak menimbulkan gejala yang bahkan tidak akan penderita sadari. Gejala yang muncul, bergantung pada lokasi terjadinya saraf terjepit, misalnya pada punggung bagian bawah, maka nyeri yang muncul pada bagian tersebut.

Berikut ini adalah gejala dari syaraf terjepit:

  • Nyeri
    Jika terjadi pada punggung bawah, maka gejala nyeri akan muncul pada punggung yang kemungkinan juga bisa menjalar ke bokong, paha, betis, hingga kaki. Jika terjadi pada leher, nyeri muncul dari leher yang kemudian bisa menjalar ke bahu atau lengan. Gejala ini biasanya akan semakin terasa buruk saat batuk, bersin, atau berubah posisi.
  • Kesemutan
    Keluhan kesemutan menjadi tanda bahwa bagian saraf sedang mendapatkan tekanan besar yang kemudian menghambat aliran darah.
  • Kelemahan
    Otot pada bagian saraf yang terjepit biasanya akan melemah. Kelamahan pada otot ini bisa menjadi tanda, jika salah satu saraf motorik sedang mengalami banyak tekanan dan kejepit. Atau bisa mengartikannya dengan pemberian sinyal pada tubuh kalau otot yang terhubung dengan syaraf tidak bisa bekerja dengan baik.

Mengapa seseorang mengalami HNP?

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab seseorang mengalami HNP, antara lain:

  • Faktor usia, seiring bertambahnya usia, diskus vertebra (penghubung antara tulang) menjadi tidak fleksibel dan mudah mengalami kerobekan.
  • Genetik.
  • Cedera pada tulang belakang.
  • Sering beraktivitas yang memberikan tekanan atau beban berat pada tulang belakang.
  • Obesitas,menyebabkan bertambagnya beban tulang belakang

Bagaimana cara mengetahui mengalami HNP?

Selain memperhatikan dari gejala yang bisa kamu rasakan, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendaptkan hasil yang pasti. Dokter akan melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik lalu pemeriksaan penunjang. Pemeriksaan ini, selain untuk mendiagnosis juga sebagai penunjang sebelum melakukan perawatan atau tindakan operasi.

Baca Juga:  Obat Syaraf Kejepit di Apotik Bantu Tangani Nyeri

Adapun pemeriksaan penunjang dapat berupa:

  • Sinar X
    Akan menyingkirkan kemungkinan lain penyebab nyeri, seperti infeksi. Selain itu, kelainan bentuk atau kerusakan tulang belakang.
  • CT scan
    Menilai kondisi tulang belakang melalui berbagai arah dan menilai struktur tulang jaringan lunak.
  • MRI (magnetic resonance imaging)
    Pemeriksaan penunjang yang lebih baik untuk mendeteksi HNP dan mampu menilai bagian saraf mana yang terkena.

Pengobatan Saraf Terjepit di Lamina Pain and Spine Center

Klinik Lamina Pain and Spine Center menawarkan berbagai pilihan pengobatan nyeri saraf terjepit paling mutakhir, masalah tersebut bisa selesai dalam waktu 45 menit saja!

Adalah tindakan endoskopi teknologi terkini untuk mengatasinya. Teknologi ini memiliki biaya yang lebih terjangkau bila daripada operasi konvensional.

Untuk informasi silakan menghubungi call center kami.

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer