Edit

Event Bebas Nyeri

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Biaya Operasi Endoskopi HNP Tulang Belakang

Biaya operasi endoskopi HNP (hernia nukleus pulposus) atau saraf kejepit beragam, rata-rata berkisar 80-90 juta rupiah atau bahkan bisa lebih. Tentunya hal ini akan menjadi salah satu pertimbangan pasien dan keluarganya dalam memilih tempat berobat saraf kejepit. Namun, pilihan operasi baru dokter lakukan setelah penanganan dengan obat-obatan dan fisioterapi tidak memberikan perbaikan.

Mendengar istilah penyakit saraf kejepit tentunya sudah tak asing lagi. Kendati demikian, hanya beberapa orang saja yang benar-benar mengerti apa artinya saraf kejepit. Saraf kejepit ini terjadi ketika bantalan ruas tulang belakang bergeser dan menekan saraf tulang belakang. Selain itu, menjadi penyebab paling sering dari keluhan nyeri tulang belakang, seperti nyeri leher, nyeri punggung bawah bersifat akut, kronik dan berulang.

Pada beberapa kasus, keluhan saraf kejepit bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan. Selama periode, penderita tidak boleh melakukan aktivitas berat dan perlu cukup beristirahat. Selain itu, lakukan peregangan ringan untuk menghindari sendi dan otot tidak kaku. Penderita juga bisa melakukan kompres hangat atau dingin pada bagian yang sakit. Jika sakit/nyeri belum mereda, sebaiknya periksa ke dokter.

Penanganan dengan Endoskopi HNP

endoskopi

Adalah tindakan endoskopi terapi terkini untuk mengatasi saraf kejepit/ HNP yang juga termasukl dalam tindakan minimally invasif.

Beberapa tahun terakhir, penggunaan pembedahan minimal invasif untuk tulang belakang semakin meningkat. Penggunaan pembedahan minimal invasif ini menjadi pertimbangan dengan lebih sedikitnya jaringan lunak dan trauma tulang, biaya perawatan yang lebih rendah, penurunan lama rawat inap (Choi et al, 2013).

Namun, di Indonesia sendiri penggunaan teknologi endoskopi masih belum menyeluruh. Hanya ada beberapa rumah sakit dan klinik, salah satunya adalah klinik Lamina Pain and Spine Center yang mengkhususkan diri menangani nyeri tulang belakang akibat saraf kejepit.

Alat endoskopi ini menggunakan bantuan kamera untuk melihat organ tubuh yang terdampak atau bermasalah, sehingga dokter akan lebih mudah untuk melakukan tindakan.

Baca juga: Larangan aktivitas pasca-tindakan endoskopi tulang belakang

Endoskopi untuk tulang belakang terdiri dari beberapa jenis, yakni:

  1. PELD
  2. PSLD
  3. PECD

Keuntungan dan Biaya Operasi Endoskopi HNP

Prosedur ini, mampu mengurangi risiko kerusakan jaringan yang lebih besar. Selain itu, cocok untuk pasien lansia atau orang tua yang mungkin mengidap diabetes dan hipertensi (tekanan darah tinggi).

Memiliki sayatan yang sangat kecil (kurang dari 1 centimeter), waktu tindakan dan proses penyembuhan lebih cepat. Pada penelitian oleh Choi dkk menemukan bahwa tingkat kesuksesan dan hasil yang baik mencapai 90%. Termasuk klinik Lamina Pain and Spine Center. Hingga saat ini, klinik Lamina telah berhasil melakukan 1300 tindakan endoskopi tulang belakang.

Penggunaan metode endoskopi di klinik Lamina, memungkinkan pasien bisa langsung pulang setelah tindakan tanpa perlu rawat inap.

Untuk biaya operasi endoskopi HNP beragam, bergantung pada tempat tindakan dan metode endoskopi yang digunakan. Misalnya, melakukan tindakan di tempat yang memerlukan rawat inap tentunya membutuhkan biaya yang lebih daripada biaya rata-rata, yaitu 80-90 juta rupiah. Oleh sebab itu, kamu perlu mencari tahu lebih dulu biaya yang harus dikeluarkan sebelum melakukan tindakan.

Untuk informasi lebih lanjut biaya tindakan endoskopi di klinik Lamina Pain and Spine Center, silakan menghubungi call center kami 021-7919-6999 . Jangan tunggu nyeri saraf kejepitmu semakin parah, segera konsultasi dengan dokter spesialis bedah saraf kami yang berepangalaman.

Author:

Penulis

Ditinjau oleh:

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Tutup

©2022, Lamina Pain and Spine Center. Media All Rights Reserved. PT Sejahtera Berkah Medika

    Daftar Online