Logo Lamina

Beda Nyeri Tulang dan Nyeri Sendi Yang Perlu Diketahui!

nyeri tulang dan nyeri sendi

Nyeri tulang dan nyeri sendi seringnya dianggap sama, padahal keduanya merupakan kondisi yang berbeda.  Apa sebenarnya perbedaan antara keduanya? Bagaimana cara membedakannya?

Sendi terbentuk dari beberapa tulang yang saling berhubungan. Jadi, sendi merupakan celah yang ada antara dua tulang yang saling terhubung. Nyeri yang muncul pada tubuh bisa jadi merupakan gejala dari penyakit tertentu, misalnya rematik.

Kendati demikian, nyatanya tidak semua rasa sakit yang muncul berasal dari sumber yang sama. Beda sumber rasa nyeri, bisa berbeda pula penyebabnya dan penanganannya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui sumber rasa nyeri agar dapat  mendeteksi kemungkinan penyebab atau penyakit tertentu.

Apa itu Nyeri Tulang dan Nyeri Sendi?

Sementara itu,  nyeri tulang merupakan kondisi yang terjadi karena adanya sesuatu yang menyebabkan tulang mengalami gangguan dan meradang. Biasanya, tidak hanya menyerang satu tulang saja, tapi bisa menyerang ke beberapa tulang lainnya.

Nyeri sendi merupakan suatu  kondisi yang menyebabkan rasa ketidaknyamanan, sakit, atau peradangan pada sendi-sendi yang ada dalam tubuh. Keluhan sakit/nyeri yang muncul biasanya tidak terlalu terasa saat pagi hari, tapi semakin lama bisa terasa semakin buruk, bahkan sepanjang hari.

Faktor Risiko

Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena nyeri tulang, antara lain; cedera saat olahraga, kecelakaan, kekurangan mineral, kanker tulang, infeksi tulang,  serta penyakit yang menghambat aliran darah ke tulang.

Sementara  nyeri sendi, bisa karena obesitas, cedera, kebiasaan merokok, usia, infeksi virus, inflamasi, dan beberapa kondisi medis lain yang terkait.

Perbedaan Keduanya

Tingkat Keparahan

Biasanya, nyeri tulang memiliki rasa sakit yang lebih hebat daripada  nyeri sendi atau nyeri otot. Nyeri tulang terasa lebih tajam dan terasa, seperti ditusuk-tusuk, apalagi jika nyeri disebabkan oleh patah tulang.

Baca Juga:  Klinik Nyeri Tulang Belakang, Solusi Atasi Nyerimu

Sedangkan pada nyeri sendi, rasa sakit yang muncul biasanya lebih ringan, bahkan sebagian orang mungkin tidak terlalu merasakannya. Namun, ada beberapa kondisi yang bisa membuat rasa sakit yang muncul sangat mengganggu dan tidak tertahankan.

Frekuensi Kekambuhan

 Sakit pada sendi biasanya lebih jarang kambuh, dan baru muncul saat menggerakkan bagian sendi yang meradang atau bengkak. Sedangkan pada nyeri tulang, rasa sakit mungkin akan dirasakan sepanjang waktu dan mudah kambuh. Rasa sakit, bahkan bisa muncul saat tubuh sedang beristirahat atau tidak melakukan apapun

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer