Kenali Bahaya Patah Tulang Belakang yang Bisa Sebabkan Kelumpuhan

Patah Tulang Belakang - Lamina Pain and Spine Center

Patah tulang belakang atau fraktur vertebra adalah cedera serius yang dapat terjadi akibat cedera olahraga, kecelakaan, ataupun trauma fisik. Tulang belakang, yang terdiri dari serangkaian tulang yang melindungi sumsum tulang belakang, memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas dan fungsi tubuh. Patah tulang belakang dapat sangat berbahaya jika tidak segera ditangani dan berpotensi mengganggu mobilitas serta fungsi tubuh. 

Dampak Serius Patah Tulang Belakang

Patah Tulang Belakang - Lamina Pain and Spine Center

Ada berbagai bahaya patah tulang belakang yang tidak tertangani dengan baik, seperti:

1. Kerusakan Sumsum Tulang Belakang

Patah tulang belakang dapat menyebabkan kerusakan pada sumsum tulang belakang yang berfungsi sebagai jalur komunikasi antara otak dan bagian tubuh lainnya. Hal ini dapat mengganggu fungsi sensorik dan motorik tubuh, termasuk kehilangan sensasi, kelemahan, atau kelumpuhan.

2. Gangguan Pernapasan

Apabila fraktur terjadi pada area leher (servikal), maka dapat mengganggu fungsi pernapasan karena pengaruhnya terhadap otot-otot pernapasan. Jika kerusakan tulang belakang terjadi pada tingkat yang lebih tinggi, hal ini dapat menyebabkan masalah pernapasan yang serius dan memerlukan bantuan pernapasan mekanis.

3. Gangguan Kandung Kemih dan Usus

Selain gangguan pernapasan, kondisi ini juga dapat mengganggu fungsi kandung kemih dan usus. Cedera pada tulang belakang bagian bawah (lumbosakral) dapat mengganggu kontrol kemih dan usus, yang dapat menyebabkan inkontinensia atau gangguan pencernaan.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Nyeri Leher Akibat Spondilosis Servikal di Rumah

4. Nyeri Kronis

Fraktur vertebra yang dibiarkan dapat menyebabkan nyeri kronis yang signifikan. Cedera pada saraf tulang belakang dapat memicu sensasi nyeri yang persisten dan mempengaruhi kualitas hidup penderitanya.

Potensi Komplikasi

Berikut ini adalah komplikasi yang mungkin terjadi akibat fraktur vertebra, antara lain:

1. Keparahan dan Kelumpuhan

Kondisi fraktur yang sudah parah dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen atau kehilangan fungsi pada bagian tubuh tertentu. Namun, hal ini tergantung pada tingkat keparahan cedera dan lokasi fraktur.

2. Infeksi dan Kerusakan organ

Patah tulang belakang yang terbuka atau terbuka dapat meningkatkan risiko infeksi. Jika terjadi kerusakan organ seperti paru-paru atau ginjal akibat cedera tulang belakang, komplikasi serius lainnya juga dapat terjadi.

3. Gangguan psikologis dan sosial

Kondisi ini juga dapat berdampak pada kesejahteraan psikologis dan sosial individu. Perubahan drastis dalam gaya hidup dan keterbatasan fisik dapat menyebabkan stres, depresi, dan isolasi sosial.

4. Pencegahan dan Perawatan

Pencegahannya melibatkan tindakan keamanan dan keselamatan, seperti menggunakan sabuk pengaman saat mengemudi, menghindari perilaku berisiko tinggi, dan menggunakan alat pelindung saat berpartisipasi dalam olahraga yang berpotensi menyebabkan cedera tulang belakang. Perawatan patah tulang belakang harus segera dilakukan oleh tenaga medis yang terlatih, termasuk imobilisasi tulang belakang yang cedera dan intervensi bedah jika perlu.

Penanganan yang Tepat dengan Kyphoplasty

Kyphoplasty adalah prosedur bedah inovatif yang bertujuan untuk mengobati patah tulang belakang yang terjadi akibat kompresi vertebral. Metode ini melibatkan penggunaan jarum dan balon khusus ke dalam tulang belakang yang patah,kemudian dokter akan melakukan pengisian tulang dengan bahan semen khusus.

Kyphoplasty telah terbukti sebagai cara yang efektif untuk mengatasi patah tulang belakang yang disebabkan oleh kompresi vertebral. Prosedur ini membantu mengurangi rasa sakit, memperbaiki deformitas tulang belakang, dan memulihkan fungsi tulang belakang yang normal. Meskipun ada risiko dan komplikasi yang terkait dengan prosedur ini, manfaatnya yang signifikan dapat memperbaiki kualitas hidup pasien. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter ahli untuk menentukan apakah kyphoplasty adalah opsi pengobatan yang tepat dalam kasus patah tulang belakang.

Baca Juga:  Sakit Pinggang Belakang Sebelah Kiri, Penyebab dan Pengobatannya

Untuk penanganan fraktur tulang belakang dengan kyphoplasty, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kami di Lamina Pain and Spine Center. Silakan menghubungi nomor ​​021-7919-6999 atau chat melalui whatsapp ke 0811 1443 599. 

Baca juga: Awas, Jangan Abaikan Efek Jangka Panjang Patah Tulang Belakang!

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Itu Patah Tulang Belakang?

Patah tulang belakang atau fraktur vertebra adalah cedera serius yang dapat terjadi akibat cedera olahraga, kecelakaan, ataupun trauma fisik. Fraktur Vertebra belakang dapat sangat berbahaya jika tidak segera ditangani dan berpotensi mengganggu mobilitas serta fungsi tubuh.

Apa Dampak Serius dari Fraktur Vertebra?

Jika tidak ditangani dengan baik maka dapat menyebabkan hal-hal berikut ini: 1. Kerusakan sumsum tulang belakang 2. Gangguan pernapasan 3. Gangguan kandung kemih dan usus 4. Nyeri kronis

Bagaimana Cara Mencegah Fraktur Vertebra?

Pencegahannya melibatkan tindakan keamanan dan keselamatan, seperti menggunakan sabuk pengaman saat mengemudi, menghindari perilaku berisiko tinggi, dan menggunakan alat pelindung saat berpartisipasi dalam olahraga yang berpotensi menyebabkan cedera tulang belakang.

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer