Awas, Nyeri Hebat di Persendian Termasuk Gejala Asam Urat!

Nyeri Hebat di Persendian Termasuk Gejala Asam Urat - Lamina Pain and Spine Center

Nyeri pada persendian bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah tingginya kadar asam urat dalam darah. Penimbunan yang berlebihan dari asam urat dalam tubuh dapat mengakibatkan peradangan pada sendi. Apabila sudah parah, kondisi tersebut bisa sangat membahayakan sehingga penanganan medis perlu dilakukan.

Apalagi bagi Anda yang bekerja di kantor, jika terkena asam urat tentu akan menghambat pekerjaan yang dilakukan. Sebab, rasa nyeri yang ditimbulkan bisa sangat mengganggu. Oleh karena itu, jangan abaikan penyakit ini dan segeralah periksakan diri ke dokter agar dapat mengelola gejalanya dengan baik.

Sekilas Tentang Penyakit Asam Urat

Nyeri Hebat di Persendian Termasuk Gejala Asam Urat - Lamina Pain and Spine Center

Penyakit asam urat itu sendiri adalah suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh menghasilkan atau tidak dapat mengeluarkan asam urat dengan efektif, sehingga menyebabkan penumpukan kristal asam urat di dalam tubuh. 

Penyebabnya pun beragam, antara lain:

  • Diet tinggi purin
  • Obesitas
  • Riwayat keluarga
  • Konsumsi alkohol
  • Efek samping obat-obatan
  • Gaya hidup tidak sehat.

Gejala Penyakit Asam Urat

Berikut adalah beberapa gejala umum yang sering terkait dengan penyakit asam urat:

Rasa nyeri di persendian

Gejala ini paling sering terjadi pada sendi jari tangan, jari kaki, lutut, pergelangan kaki, atau sendi lainnya. Nyeri tersebut biasanya datang tiba-tiba, terasa sangat kuat, dan membuat sendi menjadi merah, bengkak, dan terasa panas.

Pembengkakan dan Kemerahan di sekitar persendian

Penumpukan kristal asam urat menyebabkan peradangan pada persendian. Proses peradangan ini sering kali muncul bersamaan dengan gejala lain seperti kemerahan, pembengkakan, dan rasa panas pada sendi yang terkena.

Baca Juga:  Sakit Leher Belakang Berkepanjangan, Apa Penyebabnya?

Keterbatasan gerakan

Ketika serangan asam urat terjadi, Anda mungkin mengalami keterbatasan gerakan pada persendian yang terkena. Sendi yang bengkak dan nyeri dapat membuat sulit untuk bergerak dengan bebas dan nyaman.

Sensasi panas atau terbakar

Beberapa orang dengan asam urat juga melaporkan sensasi panas atau terbakar di sekitar persendian yang terkena. Sensasi ini bisa menjadi konstan atau muncul secara periodik selama serangan asam urat.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua orang dengan kadar asam urat yang tinggi akan mengalami gejala. Beberapa orang dapat memiliki kadar asam urat yang tinggi tanpa menunjukkan gejala apa pun, sedangkan orang lain mungkin mengalami gejala yang parah. Jika Anda mengalami gejala yang mencurigakan atau memiliki kekhawatiran tentang asam urat, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan penanganan yang tepat.

Anda bisa melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis penyakit dalam di Lamina Pain and Spine Center. Hubungi tim Assistance Center Lamina di 021-7919-6999, atau chat kami via whatsapp di 0811 1443 599.

Baca juga: Arthritis Gout, Radang Sendi Akibat Tingginya Asam Urat Dalam Darah

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Itu Penyakit Asam Urat?

Penyakit asam urat itu sendiri adalah suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh menghasilkan atau tidak dapat mengeluarkan asam urat dengan efektif, sehingga menyebabkan penumpukan kristal asam urat di dalam tubuh. 

Apa Saja Gejala Asam Urat?

Beberapa gejala umum dari penyakit asam urat, antara lain: 1. Rasa nyeri di persendian 2. Pembengkakan dan kemerahan di sekitar persendian 3. Keterbatasan gerakan 4. Sensasi panas dan terbakar

Apa Penyebab Asam Urat?

Penyebab yang umum terjadi, sebagai berikut: 1. Diet tinggi purin 2. Obesitas 3. Riwayat keluarga 4. Konsumsu alkohol 5. Efek samping obat-obatan 6. Gaya hidup tidak sehat

Baca Juga:  Nutrisi Tulang Untuk Meningkatkan Fungsi Tubuh

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer