6 Gejala Kolesterol Tinggi yang Sering Tidak Disadari

gejala kolesterol tinggi - Lamina Pain and Spine Center

Gejala kolesterol tinggi sangat penting untuk kita ketahui. Sebab, kolesterol tinggi yang berkelanjutan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner ataupun stroke. Kondisi ini terjadi akibat kadar kolesterol dalam darah yang melebihi batas normal. Kolesterol sebenarnya dibutuhkan tubuh agar bisa berfungsi normal, namun kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang bisa membahayakan tubuh. 

Gejala Kolesterol

Beberapa gejala kolesterol tinggi sering muncul tanpa disadari. Berikut adalah tanda Anda memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. 

1. Mudah Lelah

Gejala Kolesterol Tinggi - Lamina Pain and Spine Center

Meskipun hal ini terkesan biasa, rasa mudah lelah adalah salah satu ciri kolesterol tinggi yang sebaiknya Anda waspadai. Kondisi ini terjadi karena efek dari penumpukan plak di pembuluh darah yang mengakibatkan berkurangnya aliran darah ke jaringan tubuh.

2. Sering Mengantuk

Pengidap kolesterol tinggi biasanya sering merasa mengantuk, bahkan bisa hampir di setiap waktu. Hal ini terjadi karena kolesterol tinggi dapat menghambat aliran darah dalam tubuh, sehingga oksigen tidak berjalan baik. Sering mengantuk tentu dapat mengganggu konsentrasi dan aktivitas sehari-hari yang Anda lakukan. 

3. Menurunnya Nafsu Makan

Ciri kolesterol yang juga harus Anda perhatikan yaitu penurunan nafsu makan. Apabila memiliki riwayat kolesterol dan merasa nafsu makan tidak seperti biasanya, lebih baik segera melakukan tes kolesterol. Dengan pemeriksaan ini, Anda dapat mencegah kadar kolesterol semakin tinggi yang akan berisiko pada masalah kesehatan lainnya. 

Baca Juga:  Alami Saraf Kejepit Harus ke Dokter Spesialis Apa?

4. Kenaikan Berat Badan

Kenaikan berat badan akibat kolesterol tinggi juga sering tidak disadari. Saat kadar kolesterol terlalu tinggi, maka bisa menyebabkan berat badan naik drastis dalam waktu singkat. Untuk itu, mulailah menjaga asupan makanan bernutrisi tinggi dan rutin berolahraga minimal 2-3 kali dalam seminggu. 

5. Tengkuk Leher Sering Pegal

Salah satu penyebab tengkuk terasa pegal yaitu adalah tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Kondisi ini terkait dengan adanya penumpukan plak dalam pembuluh darah di area leher. Penumpukan plak tersebut dapat menghambat aliran darah di leher yang menuju otak. 

6. Nyeri Dada

Gejala kolesterol tinggi yang terakhir adalah munculnya rasa nyeri di area dada. Hal ini terjadi akibat kadar kolesterol tinggi yang menyebabkan endapan berbahaya di dinding arteri. Endapan tersebut dapat menghalangi aliran darah di arteri dan menimbulkan keluhan nyeri dada. 

Itulah beberapa informasi tentang gejala kolesterol tinggi yang sering tidak disadari. Namun, tetaplah waspada terhadap gejalanya, agar mencegah dari terkena risiko penyakit berbahaya lainnya. Mulailah lakukan tes kolesterol sejak dini secara rutin guna memastikan Anda memiliki kadar kolesterol yang normal. 

Jika memiliki keluhan gejala seperti di atas, maka segeralah berkonsultasi dengan dr. Melsa Aprima, Sp.PD, dokter spesialis penyakit dalam di Lamina Pain and Spine Center. Dokter akan melakukan sejumlah pemeriksaan dan membantu mengelola gejala dengan pengobatan yang tepat. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit, pengobatan, dan layanan medis lainnya di Lamina, silakan hubungi nomor 021-7919-6999 atau chat via whatsapp di 0811 1443 599.

Baca juga: Awas, Kolesterol Tinggi Berisiko Sebabkan Stroke

Frequently Asked Questions (FAQ)

Bagaimana Gejala Kolesterol Tinggi?

Beberapa tandanya, meliputi: 1. Mudah lelah 2. Sering mengantuk 3. Menurunnya nafsu makan 4. Kenaikan berat badan 5. Tengkuk leher sering pegal 6. Nyeri pada dada

Baca Juga:  Ketahui Berbagai Mitos dan Fakta Tentang Saraf Kejepit

Bagaimana Seseorang dapat Mengidap Kolesterol?

Kondisi ini terjadi akibat kadar kolesterol dalam darah yang melebihi batas normal. Kolesterol sebenarnya dibutuhkan tubuh agar bisa berfungsi normal, namun kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang bisa membahayakan tubuh.

Kenapa pada Pengidap Kolesterol Muncul Rasa Nyeri Dada?

Gejala kolesterol tinggi yang terakhir adalah munculnya rasa nyeri di area dada. Hal ini terjadi akibat kadar kolesterol tinggi yang menyebabkan endapan berbahaya di dinding arteri. Endapan tersebut dapat menghalangi aliran darah di arteri dan menimbulkan keluhan nyeri dada.

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer