Logo Lamina

Nyeri Lengan Atas Sebelah Kanan, Penyebabnya Cukup Beragam

nyeri lengan atas sebelah kanan

Nyeri lengan atas sebelah kanan penyebabnya cukup banyak dan nyerinya bisa terjadi pada bagian mana pun. Dari bahu, lengan atas, lengan bawah, pergelangan tangan, hingga kadang sampai ke jari.

Bisa juga nyeri lengan atas sebelah kanan akan Anda rasakan setelah terpukul atau cedera pada struktur lengan, misalnya postur tubuh yang buruk, ketegangan otot, atau pemakaian lengan yang berlebihan.

Misalnya, nyeri lengan atas sebelah kanan terasa saat bangun tidur pagi, mungkin penyebabnya adalah lengan tertindih saat tidur.

Pekerjaan tertentu yang menggunakan lengan secara terus menerus dan berlangsung lama, misalnya guru, tukang cat dan sebagainya.

Semuanya ini mungkin berkaitan dengan masalah pada otot, tendon, saraf, sendi, dan lainnya. Bisa juga, namun jarang, nyeri lengan atas sebelah kanan terkadang bukan berasal dari lengan, berasal dari jantung atau saraf tulang belakang, misalnya.

Maka, untuk mengetahui penyebab pasti dari nyeri tersebut, perlu dilakukan penanganan medis. Dokter akan mengevaluasi gejala, melakukan pemeriksaan fisik dan bila perlu meminta Anda melakukan pemeriksaan radiologis, seperti MRI, rontgen.  

Nyeri Lengan Atas Sebelah Kanan dan Penyebabnya

Secara alami, cenderung dikaitkan dengan otot atau nyeri yang memburuk dengan pergerakan, misalnya masalah pada otot biseps atau triseps.

Penyebabnya bisa berupa:

Otot dan tendon

Penggunaan lengan yang sangat intens atau berulang, terutama pada orang yang pekerjaannya melibatkan gerakan tangan, seperti guru yang harus menulis pada papan tulis, operator mesin, musisi atau atlet, maka bisa mengalami Work-Related Musculoskeletal Disorder (WRMSD), yang juga dikenal dengan Repetitive Stress Injury (RSI).

Baca Juga:  Tennis Elbow Penyebab Tangan Tidak Bisa Menggenggam

Atau Anda yang rajin nge-gym bisa juga akibat berlebihan, nyeri pun akan terasa. Kadang otot dan tendon yang menegang atau kram, juga bisa mengakibatkan nyeri. Bila tendon ini sampai meradang, maka timbullah tendonitis.

Otot rotatof cuff pada bahu bila mengalami cedera juga bisa mengakibatkan nyeri bahu yang menjalar ke lengan atas.

Selain itu otot biseps dan triseps juga bisa mengalami cedera akibat olahraga misalnya basket, bela diri, tinju, atletik.

Tulang

Dislokasi tulang bahu akibat cedera, jatuh, bisa menyebabkan nyeri pada lengan atas. Begitu pula bila Anda mengalami patah tulang leher (tulang klavikula).

Pengapuran atau pradangan akibat osteoarthritis

Kondisi ini terjadi akibat jaringan sendi yang menipis sehingga menimbulkan gesekan saat sendi bergerak yang lama kelamaan menimbulkan nyeri. Walau jarang, pengapuran ini bisa juga muncul pada bahu sehingga nyeri bisa terasa pada lengan atas.

Begitu pula dengan artritis rheumatoid yang merupakan penyakit autoimun. Kondisi ini bisa saja mengakibatkan gangguan fungsi sendi bahu yang menimbulkan nyeri pada lengan atas.

Nyeri Lengan Atas Sebelah Kanan, Penyebab Berikutnya Adalah:

Saraf

Pada lengan terdapat cabang-cabang saraf, dari leher (C5) hingga dada (T1). Bila saraf tersebut bermasalah, atau misalnya terjepit, maka dapat menimbulkan menjalarnya nyeri lengan atas sebelah kanan dan bahkan kadang bisa sampai ke jari.

Selain itu, kondisi saraf pergelangan tangan yang terjepit atau carpal tunnel syndrome (CTS) dapat mengakibatkan nyeri hingga lengan atas, namun lebih berat nyerinya pada jari tangan dan lengan bawah.

Hernia nukleus pulposus (HNP) atau saraf kejepit pada saraf tulang belakang juga bisa mengakibatkan nyeri lengan atas sebelah kanan. Selain itu juga disertai dengan mati rasa, kebas, kesemutan dan nyeri lengan atas sebelah kanan.

Baca Juga:  Ferry Irawan Alami Saraf Kejepit Leher, Sembuh dengan Endoskopi PECD Joimax

Thoracic outlet syndrome (TOS) juga bisa terjadi akibat saraf atau pembuluh darah pada area ruas tulang leher dan tulang iga pertama, tertekan atau terjepit. Kondisi ini timbul akibat cedera atau gerakan berulang terus menerus dalam waktu lama. Anda akan mengalami nyeri lengan atas sebelah kanan bila memiliki TOS ini.

Gangguan pada sirkulasi darah

Adanya perubahan sirkulasi darah pada lengan, akibat adanya pembuluh darah vena atau arteri yang tersumbat (trombosis) dapat menyebabkan nyeri atau kesemutan, dan bengkak serta kesemutan pada lengan.

Serangan jantung

Jantung yang bermasalah atau adanya infark miokard akut atau angina dapat menyebabkan nyeri dada yang menjalar ke lengan atas. Meskipun lebih sering terjadi pada lengan kiri, namun dapat menjalar ke lengan kanan.

Nyeri lengan yang menandakan serangan jantung biasanya disertai dengan nyeri dada, sesak napas, mual, atau berkeringat.

Nyeri Lengan Atas Sebelah Kanan Perlu Penanganan yang Tepat

Sebagai langkah pertama, Anda bisa melakukan metode RICE (rest, ice, compress, elevate). Selain itu, anda bisa mengonsumsi obat untuk membantu atasi nyeri. Obat antiinflamasi nonsteroid juga akan diresepkan dokter guna membantu meredakan nyeri.

Lakukan peregangan ringan agar rentang gerak sendi tetap baik dan membantu mencegah kekakuan sendi.

Terakhir jangan lupa untuk selalu menjaga postur tubuh agar lengan Anda tidak terbebani secara berlebihan.

Untuk membantu mengatasi nyerinya, setelah memastikan penyebabnya, dokter akan mempertimbangkan beberapa tindakan untuk membantu meredakan nyeri, yaitu:

  • Imobilisasi, dengan menyarankan Anda mengenakan bebat atau sling
  • Injeksi steroid yang akan membantu meredakan peradangan
  • Program terapi fisik atau rehabilitasi medik untuk memperbaiki gerakan dan mengatasi nyeri
Share via:
Artikel Terkait
Artikel Populer
Topik Populer