Lakukan 6 Pose Yoga Ini untuk Redakan Sakit Punggung Bawah

nyeri punggung bawah

Apakah Anda sering mengalami sakit di punggung bawah? Sakit punggung bawah (low back pain) bisa disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya, mengangkat beban berat atau melakukan aktivitas dengan postur tubuh yang salah. Apalagi, banyak pekerja yang saat ini tak lepas dari keharusan untuk duduk dan menatap layar komputer selama berjam-jam. Namun, sebelum bertambah parah, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan nyeri.

Salah satu latihan fisik yang bisa dilakukan yaitu yoga. Yoga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mengutip Journal of Alternative and Complementary Medicine, yoga dapat meningkatkan fleksibitas, menguatkan otot-otot tubuh, mencegah obesitas, serta mengurangi stress.

Nah, ternyata yoga juga bisa meredakan rasa sakit pada punggung bawah. Yuk, coba 6 pose yoga berikut ini:

One Legged King Pigeon

Pose yoga ini mampu meningatkan sirkulasi darah dan merelaksasi otot-otot yang tegang. Pada kasus nyeri punggung bawah, otot pinggang akan menjadi lebih fleksibel dan tidak kaku sehingga Anda bisa beraktivitas kembali.

Extended Child’s

Dengan memanjangkan punggung pada saat melakukan gerakan ini, tekanan pada pinggang juga bisa berkurang. Anda akan merasakan tidur yang lebih lelap karena pose yoga ini mampu menghilangkan stress dan mengurangi kekakuan pada punggung bawah.

Cat and Cow Pose

Pose ini sangat tepat untuk mengendurkan otot-otot bagian belakang, mengatasi pegal dan sakit punggung bawah. Sebab, gerakan ini membantu menggerakkan tulang belakang ke posisi netral sehingga otot lebih rileks.

Seated Forward Bend

Anda bisa melakukan pose ini dengan sangat rileks. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh, mengurangi ketegangan serta menguatkan otot punggung.

Baca Juga:  Mau Tetap Fit Saat Cuaca Sedang Ekstrim? Yuk, Coba Immune Booster!

Downward-Facing Dog

Pose ini menargetkan pada ekstensor punggung, yaitu otot besar yang membentuk punggung bawah dan menopang tulang belakang. Tujuan Anda melakukan gerakan ini yaitu untuk menguatkan otot punggung, punggung bawah, serta menghilangkan ketegangan pada punggung bawah.

Upward-Facing Dog

Pose ini merupakan latihan yang bertujuan untuk menguatkan tulang belakang, lengan, serta pergelangan tangan. Gerakan ini juga dapat melancarkan peredaran darah dan meregangkan punggung bawah.

Itulah berbagai gerakan yoga yang bisa Anda lakukan di rumah. Jangan lupa untuk menyiapkan matras yang nyaman sebagai alasnya. Pose yoga tadi sangat bermanfaat untuk mengurangi nyeri punggung bawah dan menguatkan otot-otot di sekitarnya.

Namun, jika keluhan terus terjadi dan tidak juga membaik, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter ahli. Anda bisa datang langsung ke Lamina Pain and Spine Center untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan menanyakan riwayat penyakit dan membantu mengelola gejala dengan memberikan diagnosis dan pengobatan lanjutan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Assistance Center Lamina pada nomor kontak yang tertera.

Semoga bermanfaat!

Baca juga: 6 Gerakan Mudah Ini Efektif untuk Redakan Sakit Punggung

Referensi:

Yoga Journal. Yoga Poses.Diakses pada September 2022.

Journal of Alternative and Complementary Medicine. Diakses pada September 2022

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer