Jenis Jenis Nyeri Yang Perlu Kamu Ketahui

penyebab nyeri punggung dan kembung

Jenis jenis nyeri beragam, salah satunya adalah pada tulang belakang. Jika nyeri ini sudah menyerang, bisa sangat mengganggu, khususnya untuk kamu yang memiliki banyak aktivitas padat setiap hari. Jika kamu membiarkannya, kondisi ini bisa semakin parah atau ternyata kondisi ini merupakan gejala dari penyakit tertentu.

Tulang belakang yang terasa nyeri biasanya paling sering terjadi pada punggung pada bagian bawah. Rasa sakit yang muncul masih saling berkaitan dengan kondisi jaringan ikat sekitar tulang belakang, saraf dan juga sumsum tulang belakang. Tidak hanya lansia, saat ini remaja pun mengalami nyeri pada tulang belakang.

Jenis Jenis Nyeri Pada Tulang Belakang

Pada tulang belakang, biasanya yang paling sering mengalami rasa sakit adalah pada area punggung. Penyebabnya bisa karena banyak hal, seperti:

  • Masalah pada ginjal
  • Nyeri punggung akibat haid
  • Sakit punggung akibat hamil

Adapun jenis jenis nyeripada punggung bagian bawah, umumnya sering dialami wanita dan mereka yang berumur 40–80 tahun. Nah, berikut adalah beberapa jenis nyeri punggung berdasarkan lokasinya.

  • Slipped Disc, terjadi ketika cakram sendi tulang punggung rusak, sehingga menekan saraf yang ada dekatnya.
  • Frozen Shoulder, menimbulkan rasa sakit dan kaku pada leher.
  • Whiplash, terjadi karena cedera pada leher, seperti benturan yang terjadi secara tiba-tiba.
  • Skiatika, terjadi karena iritasi dan tekanan pada saraf skiatik yang menyebabkan mati rasa /kesemutan yang menjalar dari punggung bawah, bokong, hingga telapak kaki.
  • Ankylosing Spondylitis, karena peradangan kronis yang berdampak pada tulang belakang, tepatnya pada area pertemuan antara tulang belakang dan pelvis.

Untuk memastikan lebih tepatnya jenis nyeri yang kamu alami dan cara penangannya, sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter. Dokter bisanya akan menyarankan melakukan pemeriksaan lanjutan, seperti CT Scan, MRI.

Baca Juga:  Awas, Saraf Kejepit Leher yang Diabaikan Bisa Picu Kelumpuhan!

Cara mengatasi nyeri pada tulang belakang

Mengatasi nyeri pada bagian tulang belakang memang tidak bisa sembarangan. Konsultasi dengan tenaga medis ataupun dokter yang kompeten adalah kunci dari keberhasilan penyembuhan penyakit ataupun nyeri pada tulang belakang agar tidak kembali muncul di kemudian hari. 

Keluhan sakit tulang belakang, dalam kondisi ringan, pasien bisa minum obat nyeri, misalnya dengan paracetamol untuk membantu meringankan rasa sakit pada jangka waktu pendek. Namun, hal ini juga perlu konsultasi dengan dokter, agar dosis dan durasi konsumsi obat ini dapat berjalan secara efektif pada penderita. Selain itu, pada penderita nyeri pada tulang belakang juga bisanya akan diberikan obat luar berbentuk salep yang bisa dioleskan langsung pada sumber ataupun titik nyeri. 

Berikutnya adalah operasi tulang belakang. Tindakan ini adalah pilihan terakhir yang bisa dipilih pada penderita nyeri saraf pada bagian tulang belakang. Tindakan medis ini diambil setelah kesepakatan antara pihak pasien dan juga tenaga medis. Hal ini karena proses recovery dari tindakan operasi tulang belakang memerlukan waktu yang tidak sebentar dan juga biaya yang tidak sedikit dalam penanganannya. 

Selain cara yang disebutkan di atas, ada juga cara ataupun alternatif jalan lain untuk meringankan sakit dan juga nyeri pada tulang belakang. Pasien bisa rutin melakukan olahraga yoga dan juga akupuntur sebagai pilihan. Namun, sebelum memilih metode ini sebagai sarana penyembuhan, ada baiknya selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait agar tidak menimbulkan masalah baru.

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer