Fisioterapi Atau Terapi Fisik, Tenyata Bisa Menangani Sejumlah Keluhan - Lamina Pain and Spine Center
preloader
Edit

Event Bebas Nyeri

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Fisioterapi Atau Terapi Fisik, Tenyata Bisa Menangani Sejumlah Keluhan

  • Home
  • -
  • Blog
  • -
  • Fisioterapi Atau Terapi Fisik, Tenyata Bisa Menangani Sejumlah Keluhan
 Fisioterapi Atau Terapi Fisik, Tenyata Bisa Menangani Sejumlah Keluhan

Fisioterapi atau terapi fisik merupakan salah satu prosedur pemeriksaan, penanganan, dan evaluasi pada seseorang yang mengalami gangguan pada gerak dan fungsi tubuh. Saat melakukan terapi, kamu akan menerima arahan dari seorang yang ahli dalam penerapan prinsip dan praktik fisioterapi yang dikenal dengan fisioterapis.

 Ragam Keluhan Yang Ditangani Dengan Fisioterapi

Ada sejumlah penyakit yang bisa tertangani dengan terapi fisik. Penanganan ini, akan membantu mencegah cedera lebih lanjut dan dokter biasanya akan menggabungkan terapi fisik dengan terapi lainnya, seperti obat-obatan. Dokter akan merekomendasikannya pada pasien dengan kondisi:

Cedera sendi

Cara meredakan nyeri akibat cedera sendi dengan melakukan pijatan dan terapi panas dan dingin. Tapi, penanganan jenis apa yang akan dokter lakukan bergantung pada penyebab, gejala, dan lokasi nyeri tersebut muncul. 

Arthritis

Arthritis merupakan kondisi peradangan sendi dan jenis yang paling umum adalah osteoarhritis (OA).  Kondisi ini membutuhkan sejumlah terapi, salah satunya adalah rehabilitasi medik pada OA. Terapi ini berfungsi  untuk membantu mengurangi rasa nyeri dan  bisa bergerak.  

Masalah pada punggung

Pengobatan fisioterapi pada keluhan ini,  termasuk pijatan, terapi titik pemicu dan akupuntur, dan juga penggunaan corrective sports tape untuk memperbaiki postur.

Masalah fleksibilitas

Fisioterapi dapat membantu meningkatkan dan mengembalikan fleksibilitas dan mengurangi nyeri.

Sakit leher dan sakit kepala

Sakit kepala yang berkaitan dengan disfungsi tulang belakang servikal dapat di bantu dengan fisioterapi. Namun, sebelum melakukan pengobatan untuk keluhan tersebut, perlu adanya diagnosis yang tepat.

Osteoporosis

Osteoporosis merupakan menurunnnya kepadatan tulang sehingga tulang menjadi rapuh dan mudah patah atau retak. Terapi fisik bertujuan untuk membantu mencegah, menjaga kepadatan dan kekuatan tulang, dan mengobati osteoporosis. Hanya saja, bentuk latihannya berbeda.

Sindrom carpal tunnel

Sindrom carpal tunnel (CTS) terjadi akibat tertekannya saraf  pada pergelangan tangan yang memunculkan rasa nyeri serta kesemutan yang kemudian menjalar sampai ke jari. Latihan fisik, bisa berupa infrared dan ultrasound, namun perlu rekomendasi dari dokter.

Biaya Fisioterapi

Biaya fisioterapi bervariasi bergantung pada program yang dokter susun.  Mencakup beberapa faktor misalnya berapa sesi, teknik yang di gunakan, kondisi atau masalah yang di alami. Selain itu lokasi juga memengaruhi biaya. Biaya terapi fisik di rumah sakit tentunya akan berbeda dengan di klinik.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Tutup

©2020, Lamina Pain and Spine Center. Media All Rights Reserved.

PT Sejahtera Berkah Medika

    Daftar Online