Logo Lamina

Kenali Ciri-ciri Radang Sendi Tulang Belakang

Kenali Ciri-ciri Radang Sendi Tulang Belakang - Lamina Pain and Spine Center

Bagaimana ciri-ciri radang sendi tulang belakang? Radang sendi tulang belakang atau spinal arthritis adalah peradangan pada sendi facet di bagian tulang belakang atau sendi sacroiliac yang terletak di antara tulang belakang dan panggul. Kondisi ini bisa menyerang leher maupun punggung dan dapat menimbulkan rasa sakit yang lama kelamaan bisa menjadi kronis. 

Penyebab dan Ciri-ciri Radang Sendi Tulang Belakang

Penyebab radang sendi tulang belakang biasanya tergantung dari jenis arthritis tertentu. Secara umum, faktor yang dapat menyebabkan arthritis tulang belakang adalah keausan (wear and tear) pada sendi tulang belakang, penyakit autoimun, infeksi, dan kondisi medis lainnya. Melansir laman John Hopkins Medicine, terdapat komponen genetik yang diketahui terkait dengan beberapa jenis arthritis tulang belakang, yang berarti faktor genetik juga dapat memicu terjadinya peradangan. 

Faktor risiko radang sendi tulang belakang lainnya, mencakup:

  • Bertambahnya usia
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Menderita penyakit tertentu, seperti diabetes, asam urat, tuberkulosis, dan psoriasis. 

Jenis Radang Sendi Tulang Belakang

Ada beberapa jenis radang sendi tulang belakang yang sebaiknya Anda ketahui, antara lain: 

  • Osteoarthritis tulang belakang: Peradangan kronis pada persendian akibat degenerasi tulang belakang, biasanya karena faktor usia tua.
  • Rheumatoid arthritis tulang belakang: Radang sendi yang terjadi karena penyakit autoimun, sehingga kekebalan tubuh menyerang tubuh sendiri.
  • Spondyloarthritis: Sekelompok penyakit radang sendi yang berlangsung dalam waktu lama atau kronis. Spondyloarthritis berbeda dengan rheumatoid arthritis. 
Baca Juga:  Rekomendasi Dokter Bedah Saraf Terbaik di Jakarta, Lamina Pain and Spine Center

Ciri-ciri Radang Sendi Tulang Belakang

Ciri-ciri radang sendi tulang belakang dapat berbeda pada setiap penderitanya. Namun, ada ciri umum yang biasanya terjadi, yaitu: 

  • Rasa nyeri di bagian punggung, leher atau punggung bawah
  • Kekakuan dan hilangnya fleksibilitas di bagian tulang belakang, seperti tidak mampu meluruskan punggung atau memutar leher 
  • Pembengkakan di bagian tulang belakang yang terkena
  • Kelemahan pada seluruh sendi tubuh dan kelelahan berlebihan
  • Kebas atau mati rasa di bagian lengan atau kaki di bagian saraf yang terkena
  • Sakit kepala, jika arthritis menyerang sendi leher

Diagnosis dan Pengobatan

Untuk mendiagnosis penyakit arthritis, dokter biasanya akan melakukan serangkaian pemeriksaan fisik maupun radiologis. Uji radiologis dapat mencakup tes darah untuk mengetahui apakah ada riwayat genetik atau antibodi rheumatoid arthritis, X-Ray, MRI, CT-Scan, atau aspirasi sendi untuk memeriksa cairan sinovial pada sendi. 

Pengobatan untuk arthritis tulang belakang tergantung pada beberapa faktor seperti usia, tingkat keparahan nyeri, jenis artritis, dan tujuan kesehatan Anda secara personal. 

Dokter dapat menyarankan beberapa terapi pengobatan, seperti:

  • Obat non steroid anti inflamasi (NSAID)
  • Epidural Steroid Injection (ESI)
  • Radiofrekuensi Ablasi (RFA)
  • Fisioterapi
  • Tindakan minimal invasif seperti endoskopi tulang belakang jika ada saraf yang terjepit akibat bone spur (taji tulang) atau spinal stenosis

Itulah tadi penjelasan tentang radang sendi tulang belakang yang sebaiknya diwaspadai sejak dini. Bila Anda atau orang terdekat Anda mengalami kondisi arthritis seperti di atas, maka segeralah periksakan diri ke Klinik Lamina. Sebagai klinik terpercaya untuk masalah nyeri dan tulang belakang, Lamina memiliki tim dokter spesialis yang berpengalaman dan tenaga medis lain yang kompeten. Kami juga menyediakan layanan konsultasi online (telekonsultasi) bagi Anda yang terkendala jarak dan tidak bisa datang langsung ke klinik. 

Baca Juga:  Strategi Pengobatan Fraktur Karena Osteoporosis

Untuk membuat janji konsultasi dengan dokter, silahkan chat kami melalui nomor whatsapp 0811-1443-599. 

Semoga artikel ini bermanfaat!

Referensi Penulisan:

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa itu Radang Sendi Tulang Belakang?

Radang sendi tulang belakang atau spinal arthritis adalah peradangan pada sendi facet di bagian tulang belakang atau sendi sacroiliac yang terletak di antara tulang belakang dan panggul. Kondisi ini bisa menyerang leher maupun punggung. 

Bagaimana Ciri-ciri Radang Sendi Tulang Belakang?
  1. Rasa nyeri di bagian punggung, leher atau punggung bawah
  2. Kekakuan dan hilangnya fleksibilitas di bagian tulang belakang
  3. Pembengkakan di bagian tulang belakang yang terkena
  4. Kelemahan pada seluruh sendi tubuh dan kelelahan berlebihan
  5. Kebas atau mati rasa di bagian lengan atau kaki di bagian saraf yang terkena
Bagaimana Pengobatan Radang Nyeri Tulang Belakang?

Pengobatan untuk arthritis tulang belakang tergantung pada beberapa faktor seperti usia, tingkat keparahan nyeri, jenis artritis, dan tujuan kesehatan Anda secara personal. Salah satu terapi pengobatannya antara lain fisioterapi dan radiofrekuensi ablasi (RFA)

***

Feature photo by Wavebreak Media from Freepik

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer