Cara Memperbaiki Postur Tubuh Bungkuk

Cara Memperbaiki Postur Tubuh Bungkuk

Apakah kamu merasa postur tubuh bungkuk saat duduk, berdiri atau berjalan? Atau malah orang lain yang mengatakannya? Lalu, tiba-tiba kamu merasa tidak percaya diri dengan kondisi ini.

Sangat baik, jika kamu menyadarinya sejak awal dan mencari tahu penyebabnya dan cara mengatasi postur tubuh yang bungkuk. Ada berbagai penyebab dan juga cara untuk memperbaiki kondisi ini. Sehingga bisa membantukamu untuk terhindar dari sakit pinggang, perubahan bentuk tubuh secara permanen, dan bahaya kesehatan lainnya.

Apa Aja Sih Penyebab Tubuh Bungkuk?

– Terlalu sering bersandar

Meski terkadang bersandar itu nyaman, tapi kalau terlalu sering juga bisa membuat otot tubuh bagian belakang tegang dan nyeri. Apalagi jika bersandar dengan posisi yang terlalu landai dan  dalam jangka waktu yang lama atau berulang.

Baca Juga: Punggung Belakang Nyeri Akibat Terlalu Lama Duduk

– Berdiri  dan duduk dengan membungkuk

Terkadang secara tanpa sadar postur tubuh membungkuk saat kita berdiri dan/atau duduk. Tak hanya bisa mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri, postur tubuh yang bungkuk saat berdiri juga dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti sakit punggung, sakit pinggang, sakit  nyeri dan kaku pada leher dan bahu. Selain itu juga bisa membuat kita sulit untuk berdiri dalam waktu lama.

– Bertumpu hanya pada satu kaki saja

Melakukan hal ini dapat memberatkan salah satu otot pinggang, pinggul, dan juga bokong. Semakin lama, tentu saja otot-otot akan mengalami gangguan.

Baca Juga:  Waspada Gejala Saraf Kejepit Yang Bisa Picu Kelumpuhan

-Sering menggunakan sepatu hak tinggi

Menggunakan sepatu hak tinggi memang dapat membuat para perempuan lebih percaya diri. Namun, sebaiknya tidak terlalu sering menggunakannya karena bisa berisiko menyebabkan postur tubuh membungkuk. 

Bagaimana cara memperbaiki postur tubuh?

-Duduklah tegak dengan kaki menyentuh lantai 

Duduk tegak terlalu lama memang akan terasa pegal, tapi efeknya sangat baik untuk postur tuhuh dalam jangka waktu panjang. Lalu, bagaimana cara duduk yang baik agar postur tubuh tidak memburuk?

Kamu bisa duduk dengan tegak dengan kaki yang menyentuh lantai. Usahakan juga agar kedua bahu dalam keadaan rileks. Tapi, jika kaki tidak bisa menyentuh lantai, kamu bisa menggunakan kursi kecil atau balok untuk menyangganya.

-Carilah kursi yang sesuai

Gunakan kursi yang sesuai yang bisa membuatmu tetap nyaman dan postur tubuh tetap terjaga dengan optimal.

-Membagi berat badan secara merata

Saat berdiri, bukalah tungkai kira-kira selebar bahu. Kemudian menegakkan bahu, dan tarik perut ke dalam. Berdiri terlalu lama memang akan bisa menyebabkan rasa pegal. Tapi, jangan sampai kamu bertumpu hanya pada satu kaki saja ya.

-Rutin olahraga

Manfaat olahraga untuk kesehatan sudah terbukti. Oleh karena itu, olahraga juga bisa menjadi cara memperbaiki postur tubuh. Beberapa olahraga yang bisa kamu coba untuk memperbaiki postur tubuh, antara lain sit-up, plank, berenang, dan Pilates. 

-Melakukan fisioterapi

Jika cara-cara tersebut, masih belum bisa mengatasi permasalahan postur tubuh yang membungkuk. Mungkin, kamu bisa mencoba fisioterapi secara rutin. Cobalah melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Baca Juga: 4 Cara untuk Menjaga Tulang Belakang Tetap Sehat

Share via:
Artikel Terkait
Promo Terbaru
Artikel Populer
Topik Populer