Logo Lamina

Mengenal Hydrotherapy dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Mengenal Hydrotherapy dan Manfaatnya untuk Kesehatan - Lamina Pain and Spine Center

Hydrotherapy atau terapi air merupakan terapi penyembuhan dengan memanfaatkan medium air yang telah digunakan sejak lama. Terapi ini semakin populer dan berkembang seiring waktu karena memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Hydrotherapy dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan, merelaksasi otot dan sendi tubuh, melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. 

Apa itu Hydrotherapy?

Hydrotherapy adalah salah satu jenis terapi yang menggunakan medium air untuk membantu merelaksasi tubuh dan membantu pemulihan penyakit tertentu. Terapi air dapat menggunakan berbagai bentuk air, dari air hangat, air dingin, uap air, hingga air yang mengalir. 

Caranya pun beragam, bisa dilakukan di kolam renang, sauna, bak mandi, maupun shower mandi. Tujuan dari hydrotherapy yaitu memanfaatkan sifat alami air guna memberikan manfaat bagi kesehatan. Terapi air ini juga cocok dan aman untuk segala usia, termasuk pada orang berusia lanjut yang kerap memiliki penyakit radang sendi maupun patah tulang. 

Bagaimana Cara Kerja Hydrotherapy? 

Bagaimana Cara Kerja Hydrotherapy - Lamina Pain and Spine Center

Photo by Lamina Pain and Spine Center

Cara kerja hydrotherapy terbagi dalam beberapa cara, yaitu: 

  • Suhu air (Water temperature): Air hangat bermanfaat untuk mendorong otot dan sendi tubuh untuk lebih rileks. Otot dan sendi yang rileks dapat membantu pasien bergerak lebih mudah dan melancarkan latihan di air.
  • Kemampuan mengapung (Buoyancy): Anda akan secara alami mengapung di air, sehingga air akan membantu menopang tubuh Anda sendiri. Hal ini dapat mengurangi ketegangan pada otot dan sendi.
  • Resistensi (Resistance): Anda akan lebih sulit bergerak melalui air daripada di udara karena hambatannya. Hal ini akan membantu membangun kekuatan otot.
Baca Juga:  Obat Syaraf Kejepit di Apotik Bantu Tangani Nyeri

Kapan Hydrotherapy Diperlukan?

Hydrotherapy diperlukan saat Anda mengalami gejala berikut:

Kondisi Medis yang Membutuhkan Hydrotherapy

Ada beberapa kondisi medis yang membutuhkan hydrotherapy, antara lain: 

Sebagian orang dengan kondisi medis tertentu dapat memanfaatkan terapi air untuk mengatasi gejalanya. Berikut adalah kondisi yang memerlukan hydrotherapy:

  • Osteoarthritis atau radang sendi kronis
  • Neuropati atau gangguan pada saraf
  • Penyakit Parkinson
  • Multiple Sclerosis (MS)
  • Ankylosing Spondylitis (AS)
  • Patah tulang (fraktur)
  • Obesitas atau kelebihan berat badan
  • Pasca operasi endoskopi tulang belakang

Manfaat Hydrotherapy atau Terapi Air

Berikut ini adalah berbagai manfaat dari hydrotherapy, yaitu: 

  1. Membantu mengurangi nyeri otot dan ketegangan dengan cara meningkatkan aliran darah ke area yang terkena. Air hangat, khususnya, membantu melemaskan otot yang tegang dan mengurangi kekakuan.
  2. Meningkatkan sirkulasi darah dengan menggunakan air panas dan dingin secara bergantian. Tujuannya yaitu membantu membawa lebih banyak oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh, mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan.
  3. Membantu meningkatkan fleksibilitas sendi dan mengurangi nyeri pada kondisi seperti arthritis. Hal ini memungkinkan gerakan yang lebih bebas dan mengurangi rasa kaku.
  4. Efektif mengurangi stres dan kecemasan. Dengan sensasi air yang menenangkan, berpadu dengan suasana yang rileks, dapat membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan suasana hati.
  5. Terapi sauna dan steam room membantu membuka pori-pori kulit dan mendorong keluarnya racun melalui keringat. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan kulit dan keseluruhan sistem tubuh.
  6. Air hangat dapat membantu menenangkan tubuh dan pikiran sebelum tidur, sehingga tidur pun menjadi lebih nyenyak dan berkualitas. 

Hal-hal yang Harus Diperhatikan 

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Terapi Air - Lamina Pain and Spine Center

Photo by Lamina Pain and Spine Center

Penting untuk Anda ketahui bahwa tidak semua orang dapat melakukan hydrotherapy. Ada kondisi medis yang sebaiknya diperhatikan, seperti: 

  • Memiliki riwayat epilepsi dan kejang
  • Kesulitan dalam mengontrol buang air kecil maupun buang air besar
  • Memiliki riwayat penyakit jantung
Baca Juga:  Klinik Nyeri Tulang Belakang Jakarta Bisa Jadi Solusi

Itulah tadi penjelasan tentang hydrotherapy dan segudang manfaat yang bisa Anda dapatkan. Bila memiliki masalah kesehatan yang telah dijelaskan di atas, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kami di Klinik Lamina. Dokter akan mengevaluasi kondisi kesehatan Anda dan merancang program latihan atau terapi yang sesuai. 

Silakan berkonsultasi dengan dokter melalui chat di nomor Whatsapp 0811-8124-2022.

Referensi penulisan:

Frequently Asked Questions (FAQ)
Apa itu Hydrotherapy?

Hydrotherapy adalah salah satu jenis terapi yang menggunakan medium air untuk membantu merelaksasi tubuh dan membantu pemulihan penyakit tertentu. Terapi air dapat menggunakan berbagai bentuk air, dari air hangat, air dingin, uap air, hingga air yang mengalir. 

Apa Kondisi yang Memerlukan Hydrotherapy?

Beberapa kondisi yang memerlukan hydrotherapy diantaranya: osteoarthritis, gangguan pada saraf, penyakit parkinson, patah tulang, dan pasca operasi endoskopi tulang belakang

Bagaimana Manfaat dari Hydrotherapy?

Salah satu manfaat dari hydrotherapy dapat membantu mengurangi nyeri otot dan ketegangan dengan cara meningkatkan aliran darah ke area yang terkena. Air hangat, khususnya, membantu melemaskan otot yang tegang dan mengurangi kekakuan.

***

Featured photo by Lamina Pain and Spine Center

Share via:
Artikel Terkait
Artikel Populer
Topik Populer